Breaking News:

Uang Suap Proyek untuk Gubernur Sulsel dari Direktur PT APB Melalui Sekdis PUTR Nilainya Sebesar Ini

"AS Direktur PT APB telah lama kenal baik dengan saudara NA, yang berkeinginan mendapatkan beberapa proyek pekerjaan infrastruktur di Sulawesi Selatan

KompasTV
Suasana jumpa pers KPK terkait OTT Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah diduga kasus korupsi proyek PUPR di Sulsel. KPK Menetapkan 3 orang tersangka termasuk Nurdin Abdullah. 

WARTAKOTALIVE.COM, PALMERAH --- Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (NA) yang ditangkap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan suap proyek infrastruktur di Sulsel pada Jumat (26/2) malam lalu ternyata sudah lama mengenal Direktur PT Agung Perdana Bulukumba Agung Sucipto (AS), tersangka pemberi suap.

Kini keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek infrastruktur di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulsel.

"AS Direktur PT APB telah lama kenal baik dengan saudara NA, yang berkeinginan mendapatkan beberapa proyek pekerjaan infrastruktur di Sulawesi Selatan tahun 2021," ujar Ketua KPK Firli Bahuri dalam konferensi pers daring, Minggu (28/2/2021) dini hari, seperti dilansir Kompas.com.

Firli mengungkapkan, Agung sebelumnya sudah mengerjakan lima proyek di Sulsel.

Menurut KPK, sejak Februari 2021, Agung berkomunikasi aktif dengan Sekretaris Dinas PUTR Provinsi Sulsel Edy Rahmat, yang merupakan orang kepercayaan Nurdin.

Firli mengungkapkan, komunikasi itu untuk memastikan agar Agung mendapatkan kembali proyek yang diinginkan tahun 2021.

Sekitar awal Februari 2021, Nurdin yang sedang berada di Bulukumba bertemu dengan Edy dan Agung.

Pada saat ini, Agung telah mendapat proyek untuk mengerjakan Wisata Bira.

"NA menyampaikan pada ER bahwa kelanjutan proyek Wisata Bira akan kembali dikerjakan oleh AS yang kemudian NA memberikan persetujuan dan memerintahkan ER untuk segera mempercepat pembuatan dokumen Detail Engineering Design yang akan dilelang pada APBD TA 2022," kata Firli.

Pada akhir Februari 2021, Edy menyampaikan kepada Nurdin bahwa fee proyek yang dikerjakan Agung di Bulukumba sudah diberikan kepada pihak lain.

Halaman
12
Penulis: Dedy
Editor: Dedy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved