Breaking News:

Alat Donor Plasma Cuma Satu Dalam Sehari PMI Kota Bekasi Hanya Layani Empat Orang Penyintas Covid-19

“Iya kami hanya punya 1 alat, makanya itu 1 hari hanya ada empat orang, karena padat banget, satu alat bergantian,” ucap Liza

Warta Kota/Muhammad Azzam
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi Ade Puspita Sari menjelaskan pihaknya telah mendatangkan alat itu untuk proses donor plasma konvalesen. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI --- UTD PMI Kota Bekasi telah membuka program donor plasma konvalesen Kamis (11/2) lalu.

Meski begitu, hanya satu alat yang disediakan sehingga pendonor plasma diharuskan mengantre lama.

Kabag Pelayanan Donor Darah UTD Kota Bekasi Liza Nodya menjelaskan proses pengambilan plasma konvalesen membutuhkan waktu 2-3 jam, sehingga hanya terdapat 4 pendonor yang bisa mengikuti proses donor dalam 1 hari.

“Iya kami hanya punya 1 alat, makanya itu 1 hari hanya ada empat orang, karena padat banget, satu alat bergantian,” ucap Liza saat dikonfirmasi, Sabtu (27/2/2021).

Hal tersebut menjadi kendala tersendiri bagi pihaknya lantaran begitu banyak pula penyintas Covid-19 yang bersedia mendonorkan plasmanya.

“Kendala kita ada hanya satu alat kan kita menjadwalkannya benar-benar padat dalam satu hari. Kalau ada dua alat, kita bisa pegang dua pendonor dan bisa lebih efektif mengamankan donor plasmanya,” ujarnya.

Untuk sementara, masyarakat yang ingin mendonorkan plasmanya secara cepat dialihkan ke UTD PMI Kabupaten Bekasi yang memiliki fasilitas alat cukup banyak

Hingga kini, pihaknya masih menunggu uluran tangan dari pihak swasta maupun Pemkot Bekasi untuk menyediakan alat donor plasma konvalesen yang bentuknya sama seperti alat cuci darah.

“Sejauh ini kita masih membuka jika ada voulenteer yang mau menyumbangkan alat, karena alatnya kan tidak murah ya. Kita mendapatkan ini saja butuh perjuangan, butuh KSO dari vendor,” tutur Liza.

Tak semua penyintas Covid-19 yang lolos dalam tahap tes kesehatan. Hal itu dikarenakan antibodi pendonor dinyatakan kecil sehingga kurang efektif apabila plasmanya diberikan kepada pasien Covid-19.

Baca juga: Pos Polisi Roboh Imbas Tanah Longsor, Anggota Polantas Alami Patah Tulang Dibawa ke Tukang Urut

Baca juga: Kondisi Ekonomi Hingga Kini Belum Stabil Imbas Covid-19, Pelaku Usaha Otomotif di Cibubur Gamang

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved