Breaking News:

Orang Tanpa Gejala Penyintas Covid-19 Banyak yang Tak Lolos Tes Jadi Donor Plasma Konvalesen

Orang tanpa gejala penyintas Covid-19 di Bekasi banyak yang tak lolos tes untuk jadi donor plasma konvalesen.

Warta Kota/Muhammad Azzam
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi Ade Puspita Sari menjelaskan pihaknya telah mendatangkan alat itu untuk proses donor plasma konvalesen. 

WARTAKOTALIVE.COM, Bekasi Selatan -- Program donor plasma konvalesen telah diluncurkan UTD PMI Kota Bekasi sejak Kamis (11/2/2021) lalu.

Kabag Pelayanan Donor Darah UTD Kota Bekasi Liza Nodya menjelaskan terdapat sejumlah masyarakat yang telah melakukan donor konvalesen.

"Sebenarnya banyak yang ingin menjadi pendonor plasma. Sampai saat ini kita sudah ada 60 orang pendonor. Tapi yang berhasil tidak semua," kata Liza saat dikonfirmasi, Jumat (26/2/2021).

Baca juga: VIDEO Rasa Empati Antar Sesama Jadi Alasan Kuat Nabila Ikut Program Donor Konvalesen Plasma Darah

Namun demikian, tak semua penyinyas Covid-19 yang lolos dalam tahap tes kesehatan. Hal itu dikarenakan antibodi pendonor dinyatakan kecil sehingga kurang efektif apabila plasmanya diberikan kepada pasien Covid-19.

Kebanyakan dari mereka merupakan OTG penyintas Covid-19 yang tak mengalami gejala berat, sehingga antibodi di dalam tubuhnya dinilai rendah.

"Jadi kita uji saring antibodi, hanya beberapa yang lolos sampai darahnya bisa diberikan ke pasien. Seperti kalau OTG, itu tidak ada gejala, otomatis antobodinya rendah, tidak dapat. Kita minta antibodi itu sekitar 80. Sedangkan banyak yang hanya 4-50 saja, akhirnya ditahap awal sudah gagal," ujarnya.

Baca juga: Terbukti Efektif, Sekda Kota Bogor Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Hingga kini, terdapat lebih dari 60 orang yang mengikuti tes plasma konvalesen. Namun, hanya 20 orang saja yang lolos tahap screening.

UTD PMI Kota Bekasi sendiri saat ini hanya memiliki 1 mesin donor plasma konvalesen dengan durasi proses pengambilan plasma 2-3 jam. 

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved