Breaking News:

Transportasi

Penumpang Pesawat di Bandara NYIA Kulon Progo Akan Jadi yang Pertama Pakai GeNose C-19

Setelah stasiun, alat pendeteksi Covid-19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan diterapkan di semua moda transportasi, termasuk pesawat

dok. AP II
ILUSTRASI Petugas mengarahkan calon penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Mulai 1 April 2021, alat pendeteksi Covid-19, GeNose C-19, akan diterapkan di Bandara bagi calon penumpang pesawat. New Yogyakarta International Airport di Kulon Progo DIY akan jadi yang pertama dalam penerapan GeNose ini. 

Tak hanya di stasiun, alat pendeteksi covid-19, GeNose C-19, akan diterapkan juga di semua moda transportasi, termasuk bandara dan pelabuhan.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Pemerintah memutuskan untuk menggunakan GeNose untuk mendeteksi virus Covid-19 di semua moda transportasi, termasuk pesawat per 1 April 2021.

PT Angkasa Pura I (Persero) menyambut baik rencana pemerintah menggunakan alat deteksi Covid-19 GeNose C-19 di bandara yang berlaku mulai 1 April 2021. 

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, penggunaan GeNose di bandara dengan harga terjangkau akan meningkatkan trafik penumpang pesawat udara.

Baca juga: RESMI, Test Covid-19 Akan Gunakan GeNose di Semua Moda Transportasi Mulai 1 April, Termasuk Pesawat

Menurutnya, Bandara Internasional Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport/NYIA) di Kulon Progo akan dijadikan bandara percobaan pelaksanaan uji coba penggunaan GeNose

"Pada fase persiapan ini, Angkasa Pura I akan berkoordinasi dengan pihak penyedia alat GeNose C-19 untuk meyediakan 40 alat GeNose C-19 serta menyiapkan area lokasi layanan GeNose C-19 di YIA," papar Faik dalam keterangannya, Rabu (24/2/2021).

"Kemudian menyiapkan prosedur alur pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose, dan melakukan simulasi pemeriksaan Covid-19 menggunakan  GeNose pada minggu ketiga Maret 2021," sambungnya.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Industri Pariwisata Ingin Gunakan GeNose C19

Harga

Setelah penerapan di YIA, kata Faik, penggunaan GeNose akan diperluas lagi ke bandara lainnya yang dikelola Angkasa Pura I. 

Faik menyebut, untuk harga layanan GeNose C-19 di bandara, perseroan akan menyampaikan kepada masyarakat jelang 1 April 2021.

"Dengan adanya layanan GeNose C-19 di bandara, menambah pilihan layanan tes Covid-19 selain swab antigen dan PCR," ucapnya.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Perdana untuk Wartawan Dimulai Kamis Hari Ini, Rencana Dibuka Presiden Jokowi

Bertahap

Halaman
123
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved