Breaking News:

Omzet Penjualan Anjlok, Pedagang Pasar Ciputat Minta Revitalisasi Pasar Ciputat Dipercepat

Omzet jeblok, pedagang Pasar Ciputat mendesak Pemkot Tangsel menyelesaikan proyek revitalisasi pasar secepatnya.

Warta Kota/Rizki Amana
Suasana Pasar Ciputat, Kamis (25/2/2021). Pedagang berharap Pemkot Tangsel memberi edukasi tentang vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang akan digelar di pasar itu. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIPUTAT - Pedagang Pasar Ciputat mendesak Pemkot Tangerang Selatan menyelesaikan proyek revitalisasi pasar secepatnya.

Sebab, pedagang yang sudah babak belur penjualannya didera pandemi  Covid-19, bertambah susah karena proyek revitalisasi pasar yang mangkrak. 

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) melangsungkan revitalisasi kawasan Pasar Ciputat yang berada tepat di Jalan H Usman, Ciputat. 

Baca juga: Disperindag Kota Tangsel Sebut Ratusan Pedagang di Pasar Ciputat Ikuti Program Vaksinasi Covid-19

Langkah tersebut memaksa sejumlah pedagang yang berjualan di lokasi tersebut sementara waktu di relokasi ke Lantai Dasar Plaza Ciputat sejak Agustus 2020 lalu. 

Namun, relokasi tersebut berimbas terhadap penurunan omset para pedagang yang terdampak revitalisasi dari kawasan tersebut. 

"Jauh banget turun omsetnya sampai 90 persen. Biasa sehari Rp 2 juta (omset di Pasar Ciputat-red), sekarang cari Rp 200 ribu saja susah. Kadang cari penglaris saja susah," kata Pendi pedagang perhiasan perak Pasar Ciputat kepada Wartakotalive.com saat di lokasi, Ciputat, Kota Tangsel, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: Revitalisasi Pasar Ciputat Dibagi 2 Tahap, Tapi Lebih Difokuskan Perbaikan Fasilitas di Gedung B

Pendi mengatakan awal mula puhak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel menjanjikan relokasi pedagang hanya sekitar 8 bulan lamanya. 

Namun, hingga 7 bulan para pedagang menilai  proses pembangunan mangkrak dilakukan. 

"Janji Disperindag awal dipindah kan cuman 8 bulan. Sekarang sudah 7 bulan, belum ada sama sekali (proses perampungan revitalisasi Pasar Ciputat-red). Harapannya bantulah kami rakyat kecil jangan disusahkan seperti ini," katanya. 

Baca juga: Disperindag Kota Tangsel Sebut Peremajaan Gedung Pasar Ciputat Sesuai SNI

Hal sama turut diutarakan Fery Febriano (28) pedagang emas Pasar Ciputat yang juga terkena imbas relokasi akibat revitalisasi pasar. 

Menurutnya penurunan pendapatan dikarenakan lokasi kios yang tak sesuai hingga mempersulut akses para pembelinya. 

Master plan desain Gedung A dan B Pasar Ciputat pada tahap pertama revitalisasi.
Master plan desain Gedung A dan B Pasar Ciputat pada tahap pertama revitalisasi. (dok.DBPR Kota Tangsel)

"Karena di sini (Plaza Ciputat) memang tidak mendukung. Yang pertama untuk orang akses itu mereka harus bayar parkir dan orang ke dalamnya malas karena jauh. Kalau di pasar yang lama bisa parkir di depan dan mereka langsung bisa belanja," kata Fery Febriano (28) selaku pedagang emas Pasar Ciputat kepada Wartakotalive.com saat ditemui di lokasi, Ciputat, Kota Tangsel, Kamis (24/2/2021). 

Penulis: Rizki Amana
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved