Breaking News:

GeNose C19

Budi Karya Sumadi Senang Melihat Animo Masyarakat Terkait Penggunaan GeNose C19 di Angkutan Udara

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, animo masyarakat terkait layanan GeNose C19 diterapkan pada sektor transportasi udara sangat bagus.

Editor: Valentino Verry
Warta Kota
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, animo masyarakat terkait layanan GeNose C19 diterapkan pada sektor transportasi udara sangat bagus. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, animo masyarakat terkait layanan GeNose C19 diterapkan pada sektor transportasi udara sangat bagus.

Menurutnya, saat ini para pemangku kepentingan di sektor perhubungan udara juga menginginkan penggunaan GeNose C19 agar dapat diterapkan untuk penumpang pesawat.

Budi menjelaskan, tidak hanya di transportasi udara saja tetapi untuk pemangku kepentingan di transportasi laut juga sangat menginginkan adanya penggunaan GeNose di Pelabuhan.

"Untuk transportasi laut, akan kita terapkan pada akhir pekan ini di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Tes menggunakan GeNose C19 ini akan dilakukan secara acak atau random," kata Budi mengutip dari akun resmi Instagram Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kamis (25/2/2021).

Kemudian Budi juga mengungkapkan, bahwa penggunaan GeNose C19 untuk di sektor transportasi udara direncanakan mulai diterapkan pada 1 April 2021 mendatang.

Baca juga: Menhub Budi Karya Sumadi Siapkan Sejumlah Strategi untuk Atasi Kendaraan ODOL

Baca juga: VIDEO Menhub Budi Karya Sumadi Pastikan Keseluruhan Data Penumpang Sriwijaya Rampung Hari Ini

Baca juga: Wujudkan Indonesia Bebas Kendaraan Kelebihan Muatan, Berikut Strategi Kemenhub Budi Karya Sumadi

Sementara itu menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto, penggunaan GeNose C19 di bandara dapat menjadi opsi tambahan untuk melakukan tes Covid-19 yang sebelumnya ada tes PCR dan rapid test Antigen.

Novie mengatakan, layanan tes Covid-19 menggunakan GeNose C19 di bandara akan dilakukan secara bertahap dan dimulai dari bandara kecil, medium serta besar.

"Nantinya akan bertahap, tidak semua bandara pada 1 April 2021. Dimulai dari yang kecil, tapi ini masih pembahasan dan belum final," Novie.

Sementara terkait harga tes GeNose C19 di bandara, Novie menjelaskan, belum dapat memastikan pada saat ini, karena sedang dibahas semua pemangku kepentingan.

Meski begitu, Novie mengungkapkan untuk harga layanan GeNose C19 di bandara kemungkinan tidak berbeda jauh dari yang ada di Stasiun Kereta Api yang seharga Rp 20.000.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved