Breaking News:

Ridwan Kamil Terkejut Jebolnya Tanggul Sungai Citarum Luar Biasa, Limpasannya Melebihi Kapasitas

Dari kapasitas Sungai Citarum sebanyak 800 meter kubik pada beberapa hari terakhir, debit naik hingga 1.300 meter kubik.

Warta Kota
Suasana perbaikan tanggul jebol Sungai Citarum di Desa Sumberurip, Kecamatan Pabayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Rabu (24/2/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, PEBAYURAN --- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut jebolnya tanggul Sungai Citarum, Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, karena debit air sungai yang melebihi kapasitas.

Dari kapasitas Sungai Citarum sebanyak 800 meter kubik pada beberapa hari terakhir, debit naik hingga 1.300 meter kubik.

"Jadi Citarum ini meluapnya luar biasa, kapasitasnya 800 meter kubik, kemarin kelimpasan sampai 1.300 meter kubik. Jadi melebihi tinggi dan akhirnya menjebol beberapa titik," papar Ridwan Kamil di lokasi jebolnya tanggul di Desa Sumberurip Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi, Rabu (24/2/2021).

Ia menegaskan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam penanganan banjir di wilayah Kota Bekasi maupun Kabupaten Bekasi.

Penanganan itu, baik di aliran Kali Bekasi, maupun Sungai Citarum serta sungai lokal lainnya.

"Jadi kalau ditanya apakah upaya pemerintah, banyak sekali. Baik dari daerah, provinsi, ataupun pusat. Ada yang sudah dikerjakan 100 persen, 50 persen dan ada yang dikerjakan tahun ini," imbuh dia.

Sebagai upaya awal mencegah limpasan air dari Sungai Citarum, Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat membangun tanggul darurat di lokasi tanggul jebol.

Ridwan Kamil, mengatakan penanganan tanggul jebol Sungai Citarum itu menggunakan geotekstil.

"Geotekstil sudah dikerjakan sejak kemarin sampai sekarang ini. Mudah-mudahan secepatnya bisa beres," ujarnya.

Takut pulang

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved