Breaking News:

Permohonan Izin

Menpora Zainudin Amali Akan Menerima Permohonan Kompetisi Bola Basket IBL 2021

Menpora Amali merasa optimistis kompetisi bola basket 2021 akan lebih mudah mendapatkan izin dari pihak kepolisian dibanding sepakbola

Kemenpora.go.id
Menpora Zainudin Amali akan membantu izin untuk kompetisi bola basket Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

WARTAKOTA.COM, JAKARTA – Setelah sukses mendapatkan izin untuk mengadakan turnamen pramusim sepakbola Piala Menpora 2021, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali giliran bakal menerima permohonan kompetisi bola basket, IBL 2021.

Zainudin Amali mengatakan teknis permohonan kompetisi bola basket sama dengan sepakbola.

Mereka lebih dulu mempresentasikan penerapan protokol kesehatan kepada Kemenpora dan beberapa perwakilan lainnya seperti pihak Kepolisian, Satgas Covid-19, KONI Pusat dan BNPB.

“Besok (Kamis, 25/4/2021) kami akan lakukan rapat koordinasi kembali tentang permohonan izin dari Perbasi dan IBL untuk kompetisi bola basket. Kalau beberapa hari lalu sepakbola sekarang basket, treatment-nya sama,” kata Menpora dalam konferensi pers secara daring, Rabu (24/2/2021).

“Materinya sama, kami minta presentasikan dulu bagaimana penyelenggaraan bola basket mereka dan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin, setelah itu kita berikan rekomendasi di pihak Kepolisian,” jelasnya.

Musim IBL lalu yang terhenti pandemi Covid-19 masih bisa memakai pemain asing
Musim IBL lalu yang terhenti pandemi Covid-19 masih bisa memakai pemain asing (iblindonesia.com)

Menpora Amali merasa optimistis kompetisi bola basket 2021 akan lebih mudah mendapatkan izin dari pihak kepolisian dibanding sepakbola.

Pasalnya, IBL 2021 bakal menerapkan sistem bubble. Artinya seluruh peserta akan berada di satu area baik venue atau penginapan dan mereka tidak bisa keluar selama menjalani pertandingan.

Seperti diketahui, sebelumnya IBL dan Perbasi telah mempresentasikan penerapan protokol kesehatan kompetisi IBL 2021 pada Januari lalu. Namun, kompetisi tak jadi bergulir lantaran adanya PSBB dan PPKM.

Baca juga: Harja Jaladri Wasit Lisensi FIBA Nilai Protokol Kesehatan IBL 2021 Sudah Baik, Kenapa Ditunda?

Baca juga: Junas Miradiarsyah Dirut IBL Menunda Kompetisi Basket IBL Karena Diberlakukannya PPKM Di Jawa-Bali

“Jadi mudah-mudahan besok itu tidak begitu banyak masalah karena berbeda basket ini dengan bola. Basket tempatnya hanya satu kemudian pesertanya diinapkan di satu tempat, kalau sepakbola kan kesebar di empat daerah di putaran awal,” kata Menpora.

“Jadi kita akan lihat besok, mudah-mudahan tidak akan lama lah,” pungkasnya.

Kompetisi IBL 2021 akan diikuti 12 klub. Mereka akan bertanding di Mahaka Arena, Kelapa Gading Jakarta Utara dengan penerapan sistem bubble layaknya NBA.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Umar Widodo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved