Breaking News:

Kartu Prakerja

Ikut Kartu Prakerja Gelombang 12 Dapat Rp 3,55 Juta Selama Empat Bulan, Mau?

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menjelaskan skema Program Kartu Prakerja pada semester I tahun 2021.

Tribunnews.com/Irwan Rismawan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, peserta yang ikut Program Kartu Prakerja dapat bantuan total Rp 3,55 juta selama 4 bulan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menjelaskan skema Program Kartu Prakerja pada semester I tahun 2021. 

Airlangga mengatakan, peserta yang ikut program Kartu Prakerja dapat bantuan total Rp 3,55 juta selama empat bulan. 

"Bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, dana insentif pasca-pelatihan sebesar Rp 2,4 juta yang akan diberikan sebesar Rp 600.000 selama empat bulan. Lalu, dana insentif pengisian tiga survei evaluasi sebesar Rp 150.000 yang dibayarkan sebesar Rp 50.000 setiap survei," ucapnya. 

Adapun total kuota semester I sebanyak 2,7 juta orang dan demi pemerataan, setiap Kartu Keluarga (KK) dibatasi maksimal dua anggota keluarga yang bisa menjadi penerima Kartu Prakerja

"Sementara, kuota peserta pada gelombang 12 sebanyak 600.000 orang. Saat ini, ada lebih dari 1.700 pelatihan dari 154 lembaga pelatihan yang dapat diakses melalui tujuh platform digital," kata Airlangga. 

Dia menambahkan, dalam hal pengembangan kompetensi, survei evaluasi yang dilakukan oleh manajemen pelaksana mencatat bahwa 94 persen penerima Kartu Prakerja mengalami pengembangan kompetensi melalui skilling, upskilling, dan reskilling. 

Baca juga: PENGUMUMAN! Situs Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id Dibuka, Begini Cara Daftar Kartu Sakti Jokowi

Baca juga: Segera Siapkan KTP, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Tahun 2021 Segera Dibuka, Ini Syaratnya

Baca juga: Kartu Prakerja 2021 Segera Dibuka, Siapkan Akun dan Berkas, Baca Syaratnya

"Lebih dari sepertiga penerima Kartu Prakerja yang semula tidak bekerja berubah menjadi bekerja. Baik sebagai karyawan maupun pelaku wirausaha," ucapnya.

Menurut Airlangga, pendaftaran program Kartu Prakerja ini terbuka bagi semua Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas. 

Airlangga mengatakan, syarat lanjutan yakni sebagai pencari kerja, lulusan baru, korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). 

"Selain itu, karyawan maupun pelaku wirausaha, asalkan tidak sedang mengikuti pendidikan formal," ujarnya. 

Halaman
12
Editor: Valentino Verry
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved