Breaking News:

HUT Kota Tangerang

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin Gulirkan Program Cakep untuk Mempermudah Pelayanan Kependudukan

Pemerintah Kota Tangerang menggulirkan program inovasi terbaru untuk pelayanan masyarakat. Program ini diberi nama 'Cakep'.

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Andika Panduwinata
Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin launching program Cakep tersebut di Kelurahan Karang Tengah, Kota Tangerang, Senin (22/2/2021). Inovasi tersebut diinisiasi oleh jajaran Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Tangerang. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang menggulirkan program inovasi terbaru untuk pelayanan masyarakat. Program ini diberi nama 'Cakep' dalam rangkaian menyambut HUT Kota Tangerang ke- 28.

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin launching program Cakep tersebut di Kelurahan Karang Tengah, Kota Tangerang pada Senin (22/2/2021). Inovasi tersebut diinisiasi oleh jajaran Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Tangerang.

"Terima kasih untuk Dinas Dukcapil yang selalu memberikan inovasi untuk pelayanan masyarakat. Hari ini kita launching program Cakep," ujar Sachrudin saat dijumpai Warta Kota di acara peresmian, Senin (22/2/2021).

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Dukcapil Kota Tangerang Rina Hernaningsih dan Camat Karang Tengah Edi Wahyudi. Sachrudin pun menjelaskan mengenai program inovasi tersebut.

"Cakep ini singkatan dari Cetak Akte Kelahiran dan Kematian di Kelurahan Pilihan," ucapnya.

Baca juga: Meriahkan HUT Kota Tangerang Bappeda Adakan Lomba Inovasi Kampung Tematik

Baca juga: VIDEO HUT Kota Tangerang, Pemkot Tangerang Gelar Job Fair, Sediakan 1.097 Lowongan Pekerjaan 

Baca juga: Merayakan HUT Kota Tangerang, Pasar Murah Digelar di 13 Kecamatan

Menurutnya, Kelurahan menjadi garda terdepan dalam pelayanan publik. Sehingga dapat melayani masyarakat dengan baik.

"Pembuatan akte ini gratis tidak dipungut biaya," kata Sachrudin. 

Sementara itu Kepala Dinas Dukcapil Kota Tangerang, Rina Hernaningsih menerangkan mengenai mekanisme dari program Cakep ini. Dirinya menyebut bahwa saat ini masyarakat lebih praktis dalam pembuatan Akte Kelahiran dan Akte Kematian.

"Tidak usah jauh-jauh ke Kantor Dinas Dukcapil, langsung di Kelurahan tempat tinggal bisa dilayani," ungkap Rina. 

Warga hanya menyertakan data kependudukan di Kelurahan. Kemudian dari Kelurahan dikirim ke Dinas Dukcapil untuk dilakukan proses. 

"Sehari bisa jadi dalam pembuatannya," ungkapnya.

Hilda satu dari warga Kelurahan Karang Tengah merasakan dari program inovasi ini. Wanita berusia 24 tahun ini hendak membuat Akte Kelahiran.

"Dapat informasi dari Pak RT bisa buat Akte di Kelurahan. Saya bikin Akte Kelahiran anak pertama. Bawa persyarakat KTP orang tua, alhamdulillah langsung jadi," tutur Hilda. (adv/dik)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved