Breaking News:

Gelar Operasi Lintas Jaya 2021, Anies Ingin Munculkan Budaya Tertib Berlalu Lintas

Anies meyakini, operasi ini akan memunculkan kebiasaan tata tertib berlalu lintas, sehingga dapat melahirkan budaya tertib lalu berlintas.

Warta Kota/Fitriandi Fajar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memimpin saat memimpin Apel Operasi Lintas Jaya 2021 di Halaman Balai Kota, Senin (22/2/2021). Apel tersebut diikuti seluruh jajaran Polda Metro Jaya, Pangdam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta yang terdiri dari Dinas Perhubungan dan Satpol PP DKI Jakarta. (Dok PPID DKI Jakarta) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemperov) DKI Jakarta bersama jajaran Polda Metro Jaya, dan Jajaran Kodam Jaya melaksanakan Apel Operasi Lintas Jaya 2021 di Halaman Balai Kota, Senin (22/2/2021).

Pada kesempatan itu Gubernur DKI Jakarta meminta kepada petugas gabungan untuk menggalakkan kedisplinan berlalu lintas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19 terhadap masyarakat saat naik transportasi.

Anies meyakini, operasi ini akan memunculkan kebiasaan tata tertib berlalu lintas, sehingga dapat melahirkan budaya tertib lalu berlintas.

Baca juga: Pemkab Bogor Akan Bentuk Park Ranger untuk Jaga Keamanan Pedestrian dan Taman Cibinong Raya

Baca juga: Dugaan Kompol Yuni Purwanti Sebagai Pengedar Selain Pemakai Narkoba, Masih Didalami Polri

“Kami perlu memastikan aturan itu dilaksanakan sehingga menjadi kebiasaan untuk paham aturan dan disiplin berlalu lintas. Sehingga menjadi kebiasaan dan menjadi budaya. Karena budaya muncul lewat pembiasaan,” kata Anies pada Senin (22/2/2021).

Dalam kesempatan itu, Anies mengapresiasi seluruh pihak yang menyukseskan gelaran Operasi Lintas Jaya 2021. Program ini dinilai penting guna mewujudkan Kota Jakarta yang ramah dan tertib berlalu-lintas serta menuju kota yang sehat dan memberikan keselamatan jalan bagi para pengguna jalan.

“Kita melaksanakan Operasi Lintas Jaya 2021 di seluruh wilayah DKI Jakarta. Jadikan tugas ini sebagai kehormatan yang diberikan negara untuk menumbuhkan budaya tertib lalu lintas,” ujar Anies.

Operasi Lintas Jaya 2021, juga sekaligus untuk menyosialisasikan 5 (lima) Pilar Rencana Umum Nasional Keselamatan, antara lain Manajemen keselamatan jalan (Safer Management); Jalan yang berkeselamatan (Safer Road); Kendaraan yang berkeselamatan (Safer Vehicle); Pengguna jalan yang berkeselamatan (Safer People); Perawatan paska kecelakaan (Post Crash).

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menjelaskan pada pelaksanaan Operasi Lintas Jaya 2021, Pemprov DKI Jakarta akan fokus pada penanganan empat hal.

Baca juga: Amanda Manopo Terganggu hingga Ketakutan, Dapat Ancaman Pembunuhan Sejumlah Akun di Media Sosial

Baca juga: Banjir 1,5 Meter Sudah Surut, Pedagang Pasar Rubuh Gondrong Petir Bersihkan Ruko

Di antaranya bagaimana mewujudkan transportasi yang berkeselamatan, berkeamanan, nyaman, serta transportasi yang sehat bagi warga Jakarta di tengah-tengah pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu perwujudan dari pelaksanaan pengawasan 2021 ini adalah selain pemenuhan persyaratan administrasi teknis dan layak jalan kendaraan bermotor, maka juga akan dilakukan pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di seluruh layanan angkutan umum yang ada di Jakarta.

“Kemudian penertiban pelaksaan parkir liar di Jakarta, dan penertiban terhadap terminal bayangan sejalan dengan rencana umum nasional keselamatan jalan,” kata Syafrin.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved