Breaking News:

Berita Bekasi

Dilintasi Banyak Sungai dan Minim Resapan Sebabkan Kota Bekasi Dikepung Banjir

Kondisi tersebut diperparah dengan semakin berkurangnya wilayah resapan air yang kini berganti dengan permukiman penduduk.

Warta Kota/Rangga Baskoro
Komplek PGP kembali terendam banjir, Jatiasih, Kota Bekasi, Sabtu (20/2/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JATIASIH-- Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menjelaskan alasan penyebab banjir yang mengepung kawasan Kota Bekasi pada Jumat dan Sabtu, 19-20 Februari 2021 lalu.

Rahmat menjelaskan topografi Kota Bekasi dialiri banyak Kali dan Sungai. Terdapat 3 sungai besar yang melintasi kawasan Bekasi, yakni Kali Bekasi, Cakung dan Sunter.

Beberapa wilayah juga dialiri sungai dan kali kecil sehingga ketika dilanda hujan intensitas tinggi, sejumlah wilayah tergenang banjir lokal lantaran wilayah resapan air semakin berkurang.

VIDEO Gubernur Anies dan Wagub Ariza Takziah di Rumah Duka Dua Bocah Tenggelam di RPTRA Kembangan

Sedang Kejar Layang-layang Putus, Asep Terkejut Temukan Sosok Mayat Bayi di Semak-semak

"Ada Kali Bekasi di tengah-tengah. Di sebelah kanan dan kirinya masih ada 8 kali lagi, 3 kali di wilayah timur, 5 kali di wilayah barat. Ada Kali Cakung, Kali Sunter, Kali Jatikramat, Kali Jatiluhur, Kali Asem dan lainnya," ungkap Rahmat saat meninjau ke kawasan Perum Nasio, Jatiasih, Kota Bekasi, Senin (22/2/2021).

Kondisi tersebut diperparah dengan semakin berkurangnya wilayah resapan air yang kini berganti dengan permukiman penduduk.

Terlebih lagi, elevasi tanah Kota Bekasi yang pada awalnya banyak terdapat rawa-rawa, berada pada permukaan yang sangat rendah.

Alokasikan Rp 4 triliun

Untuk mengatasi hal tersebut, Rahmat Effendi berjanji akan mengevaluasi banjir besar yang meredam sejumlah wilayah Kota Bekasi

Menurutnya, penanganan banjir di Kota Bekasi, harus diselesaikan dari hulu sampai hilir.

Untuk itu, penanganan banjir secara permanen bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dapat segera rampung.

Halaman
123
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved