Breaking News:

Berita Nasional

Imbas Kelangkaan Bawang Lokal, Komisi IV DPR Akan Cek Lapangan ke Food Estate Humbahas

Jika program penanaman bawang putih dan merah di area Food Estate Humbanghasudutan terbukti gagal, selayaknya Menteri Pertanian melakukan evaluasi

Lifealth
Bawang putih 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA--Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan mengatakan, Komisi IV DPR akan lakukan pengecekan langsung ke lapangan terkait kegagalan program food estate bawang merah dan bawang putih di Kabupaten Humbanghasudutan, Sumatera Utara yang diresmikan Presiden Jokowi.

Pengecekan juga dilakukan terkait kelangkaan bawang putih lokal dengan alasan bawangnya terlalu kecil dan harganya juga mahal.

Daniel menilai, sistem tanam bawang putih seharusnya dilakukan dengan sungguh-sungguh, termasuk di lokasi food estate di Desa Siriaria, Kecamatan Pollung itu.

Terlebih, biaya besar telah dikeluarkan pemerintah untuk program tersebut.

Baca juga: Kenaikan Harga Bawang Putih Mencemaskan Pedagang, Asosiasi Dorong Penerbitan RIPH dan SPI

"Bagaimana mau berhasil kalau perencanaan dan persiapannya tidak dilakukan dengan baik, tidak melibatkan dan mendengarkan masukan-masukan dari stakeholder, dan terus mengulang kesalahan yang sama," ujar Daniel Johan melalui keterangan pers, Sabtu (20/2/2021).

Daniel menyebut, program tersebut sejatinya sudah mulai dilakukan semenjak 2017.

Ia pun mempertanyakan, hingga kini belum ada hasil menggembirakan.

Justru yang ada terjadinya kelangkaan bawang putih di pasaran.

Pemerintahan Jokowi Dituding Mirip Orde Baru, Busyro Muqqodas Sebut Salah Satunya Faktor Buzzer

"Sejak awal saya sampaikan iklim indonesia bukan tempat unggul untuk mengembangkan bawang putih, fokus saja apa yang menjadi produk unggulan indonesia, program yang dipaksakan tapi sulit diwujudkan akhirnya jadi akal-akalan," tegasnya.

Menanggapi hal itu, Direktur Riset dan Program SUDRA (Sudut Demokrasi Riset dan Analisis) Surya Vandiantara, ikut mendorong DPR menggunakan fungsi kontrol nya untuk segera turun kelapangan untuk meninjau langsung area food Estate yang ditanami hortikultura tersebut.

Halaman
12
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved