Breaking News:

Menparekraf Sandiaga Uno Tinjau Sejumlah Obyek Wisata di Danau Toba yang Mampu Serap Tenaga Kerja

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berkunjung ke Danau Toba, sebagai salah satu destinasi super prioritas.

Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berada di Adian Nalambok yang terletak di lembah sisi selatan Danau Toba, tepatnya Kecamatan Tampahan, Toba Samosir, Sumatera Utara pada Kamis (31/12/2020). Sandiaga Uno berkunjung lagi ke Danau Toba dan kawasan di sekitarnya pada Jumat (19/2/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berkunjung ke Danau Toba dan kawasan di sekitarnya pada Jumat (19/2/2021).

Kunjungan Sandiaga itu untuk memastikan obyek yang ada dapat pulih kembali di masa pandemi Covid-19 dan mampu menyerap tenaga kerja.

"Kami berkunjung ke Danau Toba sebagai lanjutan kunjungan untuk memastikan kesiapan Danau Toba secara totalitas sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas," ujar Sandiaga Uno, Jumat (19/2/2021) dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Sandiaga Uno Tanggapi Soal Susah Sinyal dan Jalan Berlubang di Tempat Wisata

"Tadi pagi kami meninjau beberapa progres penyiapan seperti tempat singgah spot Instagram adiana lombok. Kita melihat kemitraan dunia usaha, pemerintah dan masyarakat maka tempat ini bisa diselesaikan pada Maret 2021," tambah Sandiaga Uno.

Setelah itu Sandiaga Uno dan stakeholder terkait mengunjungi Kabupaten Dairi dengan meninjau Taman wisata Iman dan Taman Firdaus.

Dalam kesempatan tersebut Sandiaga Uno juga meluncurkan VisitDairi.com sebagai salah satu contoh upaya pelaku usaha ekonomi kreatif untuk masuk ke dalam ekosistem digital, pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif, sekaligus pembayaran menggunakan iris.

Baca juga: Sandiaga Uno dan Johnny G Plate Sebut Era Internet Cepat Kunci Peluang Ekonomi Kreatif

"Setelah itu kami meninjau kampung ulos di Kabupaten Dairi di Silahi Sagoban, kita melihat ulos yang merupakan produk ekonomi kreatif dengan kearifan lokal," kata Sandiaga.

"Ini bisa membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi masyarakat di Desa Silalahi 1 dan Desa Silalahi 2 yang ada di Kabupaten Dairi," ungkap Sandi.

Kemudian pada Jumat (19/2/2021) malam pihaknya juga menggelar pertemuan maraton dengan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di seputar Danau Toba.

Dan disepakati Danau Toba akan mengusung pariwisata yang lebih berkualitas dan berkelanjutan.

Baca juga: Percepat Pemulihan Parekraf, Sandiaga Uno Targetkan Validasi dan Verifikasi Dana Hibah Pariwisata

"Besok kita akan melanjutkan kegiatan #BeliKreatifDanauToba sebagai bagian daripada bangga berwisata di Indonesia sekaligus bangga buatan Indonesia," katanya.

Rencananya pak Jokowi akan memberikan inisiasi dan berpartisipasi dalam kegiatan#BeliKreatifDanauToba," tandas Sandiaga Uno. (*)

Editor: Lucky Oktaviano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved