Breaking News:

Diterjang Hujan Deras Semalaman, Kota Depok Dikepung Bencana Banjir dan Tanah Longsor 

Kota Depok kembali dikepung bencana setelah hujan deras yang turun sejak Jumat (19/2/2021) malam hingga Sabtu (20/2/2021) pagi.

istimewa
Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok melakukan evakuasi di sejumlah pemukiman warga terdampak banjir, Sabtu (20/2/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Kota Depok kembali dikepung bencana setelah hujan deras yang turun sejak Jumat (19/2/2021) malam hingga Sabtu (20/2/2021) pagi.

Beberapa lokasi diantaranya adalah Perumahan Bukit Cengkeh 2 di Kecamatan Sukmajaya, Taman Duta Kecamatan Cimanggis, serta tanah longsor di Pasir Gunung Cimanggis dan tanggul yang jebol.

Untuk di Taman Duta sendiri merupakan  daerah yang terkenal sebagai langganan banjir dari tahun ke tahun.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok melakukan evakuasi di sejumlah pemukiman warga terdampak banjir, Sabtu (20/2/2021).
Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok melakukan evakuasi di sejumlah pemukiman warga terdampak banjir, Sabtu (20/2/2021). (Istimewa)

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Denny Romulo mengatakan, banjir di Taman Duta dan Bukit Cengkeh 2 berasal dari luapan Kali Jantung.

“Air mulai masuk perumahan dari jam 03.00 WIB dan belum surut sampai saat ini,” katanya, Sabtu (20/2/2021).

Baca juga: Depok Juga Diterjang Banjir Seperti di Jakarta, Antara Lain di Perum Bukit Cengkeh 2 dan Taman Duta

Meski begitu, ketinggian air di kawasan Bukit Cengkeh 2 perlahan sudah mulai menurun yang awalnya 40 centimeter, hingga Sabtu (20/2/2021) siang menjadi 30 centimeter.

Namun demikian, Denny terus mengimbau masyarakat agar tetap waspada mengingat hujan masih terus turun dengan intensitas tinggi.

Sementara itu, bencana tanah longsor juga hinggap di wilayah Pasir Gunung Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Sabtu (20/2/2021) pagi.

Baca juga: TERENDAM BANJIR 3 Meter, 1.000 Warga RW 04 Cipinang Melayu Mengungsi, Ketua RW 04: Bisa Bertambah

Dari peristiwa tersebut, satu rumah warga menjadi korban. Beruntung tidak ada korban jiwa, petugas pun dikatakan Denny langsung diterjunkan ke lokasi kejadian guna evakuasi.

“Longsor terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. Satu rumah terkena longsor,” akunya.

Selain itu, tanggul jebol turut menambah kelam akhir pekan warga di Kota Belimbing khususnya warga yang tinggal di daerah Mekarsari, Kecamatan Cimanggis.

Baca juga: Anies Baswedan Sebut Banjir di Jakarta Akibat Kiriman dari Bogor dan Depok

Pasalnya, jebolnya tanggul menyebabkan banjir di pemukiman warga dengan tinggi air mencapai 30 centimeter.

Genangan air juga menyelimuti kawasan di Jalan Juanda, Kecamatan Sukmajaya. Kendati masih dapat di lalui kendaraan, namun pengendara harus melintasinya dengan kecepatan rendah.

 “Semua titik bencana sedang dihimpun. Petugas juga sudah tersebar di sejumlah titik untuk membantu warga,” ujarnya.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved