Breaking News:

Banjir Bekasi

Cuaca Buruk Diprediksi Hingga Maret 2021, Menteri PUPR Perintahkan Jajarannya Perbaiki Tanggul PGP

Hujan Lebat Diprediksi Berlangsung Sampai Maret 2021, Menteri PUPR Perintahkan Jajarannya Mulai Perbaiki Tanggul PGP Sebelum Banjir Surut Total

Warta Kota
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi banjir di PGP, Jatiasih, Bekasi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JATIASIH - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memerintahkan jajarannya untuk segera memulai perbaikan tanggul di Pondok Gede Permai (PGP) yang jebol pada Minggu (14/2/2021) lalu.

Hal tersebut dilakukan lantaran BBWSCC Kementerian PUPR menerima informasi bahwa hujan masih akan terus melanda Jabodetabek hingga Maret 2021.

"Mudah-mudahan hari ini bisa segera dikerjakan. Sambil menunggu ini surut sekira tiga hari kita bisa tutup itu (tanggul) yang bocor karena kalau menurut BBWSCC kan masih hujan terus sampai bulan Maret," tutur Basuki saat meninjau lokasi banjir PGP, Jatiasih, Sabtu (20/2/2021).

Baca juga: Lebih Parah Dibandingkan Awal Kepemimpinan Anies, Banjir di RW 04 Cipinang Melayu Kini Capai 3 Meter

Saat ini, pihaknya terkendala ketinggian banjir yang masih setinggi 1,8 meter di akses jalan utama. Oleh sebab itu, alat berat tak bisa menjangkau lokasi tanggul yang jebol di dalam permukiman warga.

Sambil menunggu surut, Basuki memerintahkan jajaran untuk meletakkan bahan-bahan material di dekat lokasi, sehingga ketika banjir mulai mereda, petugas bisa langsung bekerja meletakkan geo bag di bibir Kali Bekasi untuk menutupi tanggul yang jebol.

"Hari ini sudah mulai di stok di sini. Sebelum surut, alat bisa masuk dan segera kami tutup. Kita punya amphibi, eskavator amphibi, kalau sekarang enggak ada space-nya. Ini mau lewat sini belum berani. Pokoknya tidak perlu nunggu surut. Kalau memang itu eskavator bisa masuk, kita masuk," katanya.

Baca juga: BMKG Sebut Curah Hujan Tertinggi Berada di Pasar Minggu Jakarta Selatan

Pengerjaan proyek menggunakan geobag dilakukan di sepanjang 60 meter tanggul yang jebol. Basuki menjelaskan bakal menyiapkan 700 geobag dengan estimasi pengerjaan proyek rampung sekira 4 hari.

"Ada 60 meter yang roboh, kita akan segera tangani dengan menutup dengan geobag, bukan sand bag ya. ini kalau ada 700 (geobag), misalkan kalau 1 hari ada 200 geobag bisa diisi, sambil menunggu ini surut, 3 hari sudah siap, saya kira bisa kita tutup itunya," ungkap Basuki. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved