Breaking News:

Berita Video

VIDEO Dua Jambret Spesialis Anak Kecil Yang Sempat Viral di Medsos, Dibekuk

Aksi terakhir keduanya menyasar bocah 6 tahun yang sedang bermain di sekitar Jalan Kebagusan 3, di dekat Masjid Al-Masykuriyah, Kelurahan Kebagusan,

WARTA KOTA, SEMANGGI- Subdit 3 Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap dua pelaku penjambretan spesialis terhadap anak kecil yakni HIS (34) dan H (40) dari kediamannya masing-masing di wilayah Depok, Senin (15/2/2021).

Keduanya mengaku sudah beraksi 14 kali sejak 2019, dan selalu menyasar barang berharga yang dipegang atau dikenakan anak-anak kecil. Keduanya kerap beraksi di wilayah Depok dan Jakarta Selatan dengan berboncengan sepeda motor.

Aksi terakhir keduanya menyasar bocah 6 tahun yang sedang bermain di sekitar Jalan Kebagusan 3, di dekat Masjid Al-Masykuriyah, Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (14/2/2021) siang.

Mereka menjambret kalung emas yang dikenakan bocah 6 tahun itu, setelah sebelumnya berpura-pura menanyakan alamat. Aksi keduanya tertangkap kamera CCTV warga dan akhirnya sempat viral di media sosial.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan dari pengakuan keduanya mereka memang selalu mengincar anak kecil yang memegang atau mengenakan barang berharga dalam setiap.aksinya.

"Totalnya mereka mengaku sudah 14 kali beraksi. Yakni tahun 2019 sebanyak 10 kali, lalu tahun 2020 sebanyak 3 kali, dan di 2021 ini, baru sekali namun viral di medsos," kata Yusri.

Meski begitu kata Yusri, pihaknya masih mendalami kemungkinan para pelaku sudah beraksi lebih dari 14 kali.

"Yang mereka incar dari anak kecil ini, mulai dari HP, emas atau barang berharga lainnya," ujar Yusri.

Modusnya yang mereka lakukan tambah Yusri, keduanya berkeliling dengan berboncengan mengendarai sepeda motor ke wilayah Depok dan Jakarta Selatan. "Kalau ada anak kecil di pinggir jalan yang memegang HP atau mengenakan barang berharga, maka akan jadi sasaran atau incaran mereka," kata Yusri.

Yusri menjelaskan berdasarkan video yang sempat viral, tim operasional Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya melakukan penyelidikan dan berhasil mengidentifikasi pelaku.

"Kedua pelaku kami amankan di rumah kontrakannya masing-masing di Depok. Bahkan salah satu pelaku, kami amankan saat bersama istri mudanya di rumah kontrakan itu," ujar Yusri.

Karena perbuatannya tambah Yusri, para pelaku.dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan, subsider Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. "Yang ancama hukuman maksimalnya hingga 12 tahun penjara," katanya.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved