Breaking News:

Berita Jakarta

Prasetyo Tolak Pilihan Anies Soal Cawalkot Jaksel, Fraksi Gerindra Layangkan Protes Keras

Prasetyo Tolak Pilihan Anies Soal Cawalkot Jaksel, Fraksi Gerindra Layangkan Protes Keras. Keputusan Pras Disebut Melanggar Peraturan

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Ketua DPC Gerindra Jakarta Utara S Andyka 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Fraksi Partai Gerindra melayangkan protes keras terhadap keputusan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi yang menolak kandidat calon Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan pilihan Anies Baswedan.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu dinilai melakukan pelanggaran. 

Hal tersebut ditegaskan Wakil Ketua I Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta S Andyka. 

Fraksi Gerindra menilai keputusan Prasetyo merupakan pelanggaran terhadap aturan penetapan Wali Kota/Bupati Administrasi di Jakarta.

Sebab dalam aturannya, pimpinan dewan hanya memiliki kewenangan untuk memberikan rekomendasi dan hanya bersifat mengetahui adanya usulan calon Wali Kota/Bupati Administrasi dari Gubernur DKI Jakarta.

Baca juga: Mirip Ketika Dikunjungi Anies Tahun 2017, RW 04 Cipinang Melayu Kini Kebanjiran

Aturan yang dimaksud adalah Undang-undang (UU) Nomor 22 tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta sebagai Ibu Kota NKRI.

Dalam Pasal 19 ayat 2 dijelaskan, jabatan Wali Kota/Bupati diangkat Gubernur atas pertimbangan DPRD DKI Jakarta dari PNS yang memenuhi persyaratan.

“Ketua DPRD tidak memiliki kewenangan untuk menolak atau pun menerima calon Wali Kota yang diajukan Gubernur, karena dalam aturannya, kapasitas Ketua hanya mengetahui, memberikan pertimbangan dan merekomendasikan secara lisan,” kata Andyka pada Jumat (19/2/2021).

Baca juga: Diteror Ujaran Kebencian Sejak Munculnya Isu Kudeta, Pengurus Demokrat DKI Tetap Dukung AHY

Bahkan anggota DPRD DKI dua periode ini juga membeberkan aturan lain yang diduga ditabrak Prasetyo.

Salah satunya pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan terhadap dua nama calon Wali Kota Administrasi Jaksel yang harusnya dilakukan oleh Komisi A, sebagai mitra kerja Pemprov DKI Jakarta di bidang pemerintahan.

Halaman
1234
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved