Breaking News:

Banjir Jakarta

PLN Hentikan Arus Listrik Sementara di Lokasi Terdampak Banjir

Hujan deras yang terjadi di Jabodetabek membuat sejumlah wilayah pemukiman terdampak banjir, imbasnya PLN melakukan penghentian aliran listrik.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Valentino Verry
Wartakotalive.com/Muhammad Azzam
Sejumlah warga memanfaatkan kondisi banjir di Jalan Raya Bintara Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat untuk menjala ikan, pada Jumat (19/2/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Hujan deras yang terjadi di Jabodetabek membuat sejumlah wilayah pemukiman terdampak banjir, imbasnya PLN terpaksa melakukan penghentian aliran listrik sementara demi keselamatan jiwa warga. 

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan mengatakan akibat dampak banjir itu, terdapat tujuh gardu listrik, dan tujuh jurusan jaringan tegangan rendah yang harus dipahamkan.

"Total 2.667 pelanggan terdampak. Hingga pukul 12.00 WIB, baru 1 gardu dan 341 pelanggan yang menyala," kata Doddy dalam keterangannya, Jumat (29/2/2021).

Adapun wilayah di Jakarta Raya yang masih padam akibat lokasi rumah warga terdampak banjir yaitu Jakarta Timur di Cipinang Bali, Cipinang Melayu, Cipinang Bali 4. 

Sedangkan daerah Bekasi yang padam yaitu Komp. Dosen IKIP, Kel. Jatikramat, Kec. Jatiasih, Jl. Bintara Jaya II, Jl. Kalimalang dan Perum Pondok Gede Permai (Jl. Merak, Jl. Nusa Indah,  Jl. Sunan Drajat).

Baca juga: VIDEO Kebanjiran, Satu Keluarga Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri Dievakuasi ke Kantor RW

Baca juga: Evakuasi Berlangsung Dramatis, Kenakan Daster, Para Ibu Terjang Derasnya Banjir dengan Seutas Tali

Beberapa upaya preventif yang dilakukan PLN UID Jakarta Raya yaitu menyiagakan 2.371 personel, melengkapi enam gardu pemasok rumah pompa dengan peralatan switching.

"Mereka juga melakukan inspeksi dan pemeliharaan terhadap kabel tegangan rendah untuk segera dilakukan perbaikan apabila terjadi anomali, terutama di lokasi yang sering digunakan untuk berteduh pada saat hujan," katanya.

Doddy menghimbau untuk dapat mematikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB), mencabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak, menaikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman. 

"Ada beberapa hal yang memaksa kami untuk memadamkan listrik, seperti jika gardu distribusi terendam, rumah pelanggan terendam, rumah pelanggan dan gardu distribusi terendam," ujarnya.

Baca juga: Stimulus Listrik Gratis PLN Hingga Maret 2021, Berikut Cara Klaim Token Listrik Gratis Februari 2021

Baca juga: Cara Mendapatkan Bantuan Listrik Gratis Februari 2021 dari PLN di Masa Pandemi Covid-19

Setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering. PLN juga memastikan semua jaringan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik. 

"Setelah semua aman baik di sisi pelanggan maupun PLN, maka kedua belah pihak menandatangani berita acara penormalan kembali aliran listrik pascabanjir," ucapnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved