Breaking News:

Kalangan Buruh Nilai Komcad Akan Mematikan Suara Rakyat

"Komcad ini justru akan meredam dan mematikan suara rakyat. Saya melihat ini belum begitu urgent soal ancamannya

Kompas.com
Ketua Umum Konfederasi Kongres Aliansi Buruh Indonesia Nining Elitis 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Kementerian Pertahanan akan segera merampungkan pembentukan Komponen Cadangan atau Komcad.

Kalangan buruh menilai pelibatan warga sipil untuk terjun ke dunia militer dinilai sebagai bentuk pengekangan kebebasan berpendapat dalam negara demokrasi.

"Komcad ini justru akan meredam dan mematikan suara rakyat. Saya melihat ini belum begitu urgent soal ancamannya. Situasi hari ini yg dihadapkan negara yang memang semakin tidak terbiasa terhadap rakyat," kata Ketua  Ketua Umum Konfederasi Kongres Aliansi Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitis dalam diskusi virtual Forum 4 De Facto dengan tema "Komponen Cadangan dan Ancaman Masa Depan Indonesia", Jumat (19/2/2021).

Nining menilai upaya itu sebagai bentuk adu domba antar masyarakat yang diinisiasi oleh pemerintah agar tak ada lagi barisan oposisi.

Baca juga: Unjuk Rasa Antikudeta Myanmar Memakan Korban, Demonstran Meninggal Akibat Kepalanya Ditembak Polisi

Baca juga: Risma Resmikan Agrowisata Lansia Budhi Dharma Bekasi

Baca juga: Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto Sampaikan Ini Atas Wafatnya Ibunda Fadli Zon

Komcad, kata dia, justru melihat melahirkan satu persoalan baru yang ada ini rakyat diadu dengan rakyat karena ini ketika mengkritik dihadapkan dengan gerakan massa yang begitu besar. "Kita dihadapkan dengan keamanan negara," ujarnya.

Pemerintah, lanjutnya, seharusnya kini fokus saja terhadap pemulihan krisis kesehatan dan ekonomi akibat adanya pandemi Covid-19.

"Jangan-jangan ini melarikan persoalan pokok hari ini. Persoalan mendasar ini adalah tentang semakin jauhnya kesejahteraan, keadilan, rasa kemanusiaan terhadap rakayat. Kini rakyat semakin meluas kesadaran masyarakatnya untuk ikut bergerak," katanya.

Editor: Ahmad Sabran
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved