Breaking News:

Berita Depok

Diguyur Hujan Deras, Perumahan dan Jalan Arif Rahman Hakim Kota Depok Kebanjiran

Lokasi salah satu banjir Depok diantaranya perumahan Pondok Asri Abadijaya, Sukmajaya, Depok. Air mulai menggenangi lokasi pada Jumat

istimewa
Jalan Arif Rahman Hakim, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat tergenang air akibat hujan deras Kamis (18/2/2021) sore. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK -- Diguyur hujan deras dua hari berturut-turut membuat sejumlah lokasi di Kota Depok terendam banjir.

Lokasi salah satu banjir Depok diantaranya perumahan Pondok Asri Abadijaya, Sukmajaya, Depok. Air mulai menggenangi lokasi pada Jumat (19/2/2021) pukul 05.40 WIB.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Merdi Setiawan mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan banjir dari warga sekitar pukul 07.44 WIB.

“Kami menerima laporan dari Bapak Sondi terkait adanya musibah banjir di Kelurahan Abadijaya. Akibatnya 14 rumah warga terdampak,” katanya saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (19/2/2021).

Baca juga: Benyamin Davnie Siaga pada Ancaman Bencana Banjir Sebelum Melanda Kota Tangsel

Atas laporan tersebut, Merdi mengaku pihaknya langsung menerjunkan petugas ke lokasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengatasi persoalan banjir tersebut.

“Tim melakukan evakuasi ke lokasi  terdampak tersebut. Kemudian melakukan assesment dan koordinasi dengan pihak terkait,” paparnya.

Perbaikan saluran air juga menjadi fokus penanganan banjir guna memerlancar aliran alir yang tergenang sehingga banjir yang menyelimuti kawasan tersebut dapat segera surut.

Baca juga: Nasib Warga Cipinang Melayu, Sedang Isolasi Mandiri Covid-19, Kini Rumah Terendam Banjir 2 Meter

Sementara itu,  di Jalan Arif Rahman Hakim, Pancoran Mas Depok juga terdampak akibat derasnya hujan yang turun pada Kamis (18/2/2021) malam. Akibatnya, lalu lintas di sekitar lokasi tersendat.

Genangan air di Jalan ARH bukanlah sesuatu yang aneh, setiap kali diguyur hujan dengan intensitas tinggi ataupun dalam waktu yang lama, maka banjir sudah menjadi langganan.

Beberapa waktu lalu pun Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat melakukan pengecekan terkait Jalan ARH yang selalu saja kebanjiran.

Baca juga: VIDEO KEBANJIRAN 2 Meter, Warga Cipinang Melayu yang Terpapar Covid-19 Isolasi Mandiri di Lantai 2

Dari hasil pengecekan tersebut, pria yang akrab disapa Kang Emil ini mendapati aliran air dari Jalan ARH menuju Situ Pladen terbilang kecil, belum lagi kondisi gorong-gorong yang ada di lokasi menjadi sempit lantaran banyaknya sampah.

Salah seorang warga yang tinggal di lokasi Jalan ARH, Sutrisna mengaku lingkungan tempat tinggalnya itu memang sudah menjadi langganan banjir sejak lama.

Itu sebabnya, Sutrisna berharap ada penanganan serius dari Pemerintah Kota Depok terhadap kondisi yang dikatakannya selalu menimbulkan kerugian akibat sulit dilalui pejalan kaki ataupun pengendara.

”Kalau cuma di sedot-sedot doang sih nggak pengaruh, besok kalau hujan lagi ya banjir lagi. Kesal banget karena selalu banjir," 

"Harusnya di revitalisasi atau diapain lah gitu biar nggak banjir terus. Di sini (Jalan ARH) pasti kalau hujan banjir, apalagi waktu musin hujan awal tahun kemarin, wah, banjir terus," paparnya.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved