Breaking News:

PSBB Jakarta

Kebijakan Anies Bikin Bangga, Kualitas Udara Ibu Kota Membaik Sejak PSBB Diberlakukan

Kebijakan Anies Soal PSBB Bikin Bangga, Kualitas Udara di Jakarta Membaik Sejak Pembatasan Sosial Diberlakukan Selama Pandemi Covid-19

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Dwi Rizki
(Ari Wibisono/Instagram wibisono.ari)
Pemandangan Gunung Gede Pangrango dilihat dari Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021) pagi. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengungkapkan, kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dikeluarkan pemerintah daerah selama pandemi Covid-19 sejak April 2020 lalu sangat berkontribusi besar terhadap lingkungan.

Terutama pada kualitas udara Ibu Kota yang cenderung menjadi lebih baik.

Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan mengatakan, hal ini dipicu karena adanya peningkatan gaya hidup baru penggunaan sepeda sebegai alat transportasi ramah lingkungan. Kemudian, adanya pengetatan kewajiban uji emisi bagi kendaraan bermotor.

Selama PSBB berlangsung, Pemprov DKI Jakarta memang melakukan pembatasan aktivitas kepada warganya. Pembatasan dilakukan di tempat kerja, fasilitas sosial dan fasilitas umum, transportasi umum serta fasilitas lainnya

Baca juga: Update Kebakaran Tambora, 160 Jiwa Warga Terdampak Tinggal di Pengungsian, Butuh Selimut dan Pampers

Pembatasan ini dilakukan untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Dengan rendahnya mobilitas warga Jakarta yang bepergian keluar rumah, tentu pencemaran udara dari kendaraan umum dan tempat industri menjadi berkurang.

“Pandemi telah menunjukkan kepada kita, bahwa masih ada harapan untuk lingkungan hidup yang lebih baik, dan oleh karena itu kita perlu berubah menuju kota yang lebih berkelanjutan dan tangguh,” kata Yogi berdasarkan keterangan yang diterima pada Kamis (18/2/2021).

Yogi mengatakan, sejak beberapa tahun silam Pemprov DKI telah mendorong warganya untuk beralih naik transportasi umum demi perbaikan kualitas udara.

Begitupun dengan adanya pengetatan kewajiban uji emisi bagi kendaraan bermotor, sehingga kendaraan yang melalui Jakarta adalah kendaraan yang sudah lulus uji emisi.

Baca juga: Kapolsek Perempuan Pesta Sabu Dengan Anak Buahnya Bikin Heboh, IPW Duga Mereka Sindikat Narkoba

"Pemprov DKI Jakarta juga mengerjakan perluasan MRT, BRT, LRT, revitalisasi trotoar, integrasi berbagai moda transportasi, dan pengembangan jalur khusus sepeda di seluruh kota. Dan mulai menerapkan kewajiban uji emisi diberbagai wilayah untuk menuju udara bersih Jakarta,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Di media sosial kini viral foto pemandangan Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat yang terlihat dari Kemayoran, Jakarta Pusat.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved