Breaking News:

Banjir Jakarta

Ibu Kota Kebanjiran, Yuke Yurike Minta Anies Lanjutkan Program Normalisasi Sungai Garapan Ahok

Ibu Kota Kebanjiran, Yuke Yurike Minta Anies Baswedan Lanjutkan Program Normalisasi Sungai Garapan Ahok

Warta Kota
Ketua DPC PDIP Jakarta Selatan, Yuke Yurike bersama perwakilan pengurus tingkat kecamatan usai menemui Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budi Sartono di Mapolres Jakarta Selatan pada Jumat (26/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota selama sepekan belakangan memicu banjir di sejumlah wilayah Ibu KOta, khususnya permukiman warga di bantaran kali.

Terkait hal tersebut, Anggota Komisi D DPRD DKI Yuke Yurike meminta Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan untuk kembali melanjutkan program normalisasi sungai.

Alasannya, karena program pencegahan banjir yang digarap Basuki Tjahja Purnama (Ahok) itu menjadi solusi atas banjir yang kerap kali melanda DKI Jakarta. 

Menurutnya, curah hujan beberapa waktu lalu di Jakarta tidak sebesar seperti tahun lalu yang mencapai sekitar 377 mm2, apalagi drainase saat itu masih jauh berantakan.

Oleh karena itu, lanjutnya, wajar pada musim hujan kali ini daerah rawan banjir masih banyak terdapat di sekitar bantaran kali akibat hujan yang bersamaan dari hulu Bogor, hingga hilir laut utara Jakarta.

"Banjir kali ini lebih banyak di daerah bantaran kali. Pemprov DKI Jakarta harus segera lanjutkan normalisasi," kata Yuke saat dihubungi pada Rabu (17/2/2021).

Ketua DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan itu berharap Pemprov DKI Jakarta segera menggunakan dana Pinjaman Ekonomi Nasional (PEN) yang didapat dari pemerintah pusat pada 2021 ini untuk melanjutkan program normalisasi.

Sebab, lanjut Yuke, daerah rawan banjir akibat hujan beberapa waktu lalu kerap terjadi di wilayah yang belum tersentuh normalisasi.

Baca juga: Anggap Enteng Soal Adanya Masyarakat yang Menolak Vaksin, Anies : Wong Vaksinnya aja Terbatas

"Dari peta udara, wilayah yang sudah tersentuh normalisasi sudah tidak banjir. Sedangkan di seberangnya masih belum dinormalisasi dan mengalami banjir," ujarnya.

Program naturalisasi yang digaungkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan semasa memimpin Jakarta 2017 lalu hingga saat ini belum terealisasi dan hanya enak didengar dalam konsep saja.

Sementara, masyarakat tidak mau tahu apa itu hanya istilah atau bahasa semata. Terpenting bagi masyarakat terdampak, wilayahnya tidak lagi mengalami banjir.

Baca juga: Kebijakan Anies Bikin Bangga, Kualitas Udara Ibu Kota Membaik Sejak PSBB Diberlakukan

"Yang sudah jelas terbukti menahan banjir kan normalisasi, jadi apapun yang baik teruskan saja, warga sudah paham sekarang mana yang terasa. Jangan hanya bagus konsep di atas kertas saja, tapi tindakannya gak ada. Yang harus diselesaikan, segera tuntaskan," pungkasnya.

Selain itu, lanjut Yuke, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pun mengakui jika normalisasi merupakan solusi mengatasi banjir di bantaran kali.

Bahkan, mereka siap melanjutkannya asal Pemprov DKI Jakarta segera membebaskan lahannya.

"Dalam Pansus Banjir DPRD DKI Jakarta juga memberi rekomendasi bahwa normalisasi harus dilanjutkan," tegasnya.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved