Breaking News:

Virus Corona

Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua, Sebanyak 38,4 Juta Warga Akan Divaksinasi

Sebanyak 38, 4 juga warga akan menjalani vaksinasi Covid-19 untuk menjalani tahap kedua program menuju kekebalan komunitas ini

Biro Pers Setpres/Lukas
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kiri) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi Covid-19 bagi pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa sebanya 38,4 juta warga akan menerima vaksin Covid-19 untuk tahapan kedua.

Hal ini disampaikannya saat meninjau pelaksaan vaksinasi Covid-19 massal untuk para pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021).

"Tahapan kedua yang dimulai hari ini di Pasar Tanah Abang, DKI Jakarta, atas kerja sama antara Kementerian Kesehatan dan Provinsi DKI Jakarta, kita memulai vaksinasi untuk pelayan publik dan pekerja publik yang di dalam kalkulasi kami ada 16,9 juta yang nanti akan divaksin di seluruh Indonesia, plus 21,5 juta untuk yang lanjut usia. Ini tahapan kedua yang ingin kita kerjakan," ujar Presiden dalam keterangannya selepas peninjauan.

Baca juga: Proses Vaksinasi di DKI Bagi Para Nakes Terhambat. Ombudsman: Imbas Kegagalan Sistem

Baca juga: Soal Denda Bagi yang Menolak Vaksinasi, Ariza Meminta Khalayak Tidak Melihat Besaran Denda

Vaksinasi ini merupakan lanjutan dari program vaksinasi massal nasional yang telah dimulai sejak 13 Januari 2021 yang lalu.

Pada tahapan pertama, vaksinasi dilakukan dengan menyasar sumber daya manusia di bidang kesehatan.

Adapun vaksinasi tahapan kedua kali ini menyasar para pelayan dan pekerja publik.

Dalam sidak tersebut, Presiden tampak tiba di Pasar Tanah Abang sekitar pukul 08.52 WIB dan langsung menuju lokasi vaksinasi digelar bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurut Presiden, vaksinasi yang digelar telah berjalan dengan baik dan diharapkan akan menyasar lebih banyak lagi target vaksinasi selain pedagang.

"Tadi sudah kita lihat semuanya berjalan dengan baik, manajemen lapangannya sangat baik. Kita harapkan para pekerja dan pelayan publik, baik itu aparat keamanan, para pedagang pasar, wartawan, atlet, juga pekerja-pekerja di toko dan mal semuanya akan divaksinasi," jelasnya.

Setelah dilaksanakan di Provinsi DKI Jakarta, Presiden menjelaskan, kegiatan vaksinasi massal bagi pelayan dan pekerja publik juga akan dilakukan di provinsi-provinsi lain sehingga tiap hari jumlah orang yang divaksin akan terus bertambah.

Baca juga: Minim Peminat, Pedagang Pasar Kranji Baru Perlu Sosialisasi Mengenai Vaksinasi Covid-19

Baca juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19 Indonesia 16 Februari 2021: 1.149.939 Dosis Pertama, 597.328 Vaksin Kedua

Presiden pun kembali mengingatkan akan pentingnya untuk disiplin menjalankan 3M sejalan dengan vaksinasi yang terus dilakukan sebagai bagian dari upaya pengendalian pandemi Covid-19.

"Terakhir, jangan lupa tetap selalu saya sampaikan 3M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan jangan kita lupakan," tandasnya.

Untuk diketahui, vaksinasi bagi para pedagang di Pasar Tanah Abang ini telah melalui sejumlah tahapan, mulai dari pendataan, sosialisasi, hingga penapisan kesehatan pravaksinasi. Adapun jumlah sasaran vaksinasi pedagang Pasar Tanah Abang seperti yang terdata di PD Pasar Jaya adalah sebanyak 9.729 orang.

Editor: Alex Suban
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved