Breaking News:

Pilkada Serentak

Terjadi Kekosongan Hukum di Kasus Pilkada Sabu Raijua, Hakim MK Harus Lakukan Judge Made Law

Pilkada Sabu Raijua jadi kontroversi karena Bupati terpilihnya ternyata warga negara Amerika Serikat. Tapi ada kekosongan hukum di sana..

Kompas TV
Bupati terpilih Sabu Raijua yang ternyata Warga Negara Amerika Serikat. Kini Pilkada Sabu Raijua sudah dimohonkan untuk diisidangkan di Mahkamah Konstitusi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi Sabu Raijua (AMAPEDO) memasukkan permohonan untuk menyelesaikan perselisihan hasil Pilkada Sabu Raijua tahun 2020 ke Mahkamah Konstitusi pada Selasa, 16 Februari 2021.

Akta pengajuan permohonan AMAPEDO ini bernomor 138/PAN.MK/AP3/02/2021.

Pilkada Sabu Raijua menjadi kontroversi setelah bupati terpilihnya Orient P Riwu Kore, ternyata berstatus warga negara Amerika Serikat.

Kuasa Hukum AMAPEDO, Yafet Yosafat Wiben Rissy, menjelaskan duduk perkara dalam Pilkada Sabu Raijua. 

Baca juga: Tegaskan Pemerintah Tak Revisi UU Pemilu dan Pilkada, Mensesneg: Masa Belum Dilaksanakan Mau Diubah?

Menurut Yafet, apa yang terjadi dalam Pilkada tersebut adalah  pelanggaran konsitusi, pelanggaran undang-undang, dan pelanggaran moral.

Namun, kata Yafet, terjadi kekosongan hukum dan kebuntuan hukum dalam mengatasi perkara tersebut.

"Sesuai dengan pasal 142 dan 143 UU Nomor 10 tahun 2016, Bawaslu sudah tidak punya kewenangan lagi untuk menyelesaikan persoalan ini," ujar Yafet yang sudah bergelar Ph.d, AFHEA ini. 

Bawaslu juga tidak memiliki kewenangan untuk mendiskualifikasi bupati terpilih atau pasangan terpilih.

Hal itu lantaran cacat formil dalam pencalonan Orient P Riwu Kore diketahui belakangan setelah tahap penetapan calon, rekapitulasi, maupun penetapan bupati terpilih sudah terlewati.

Di sisi lain, KPU tidak mau mencabut keputusannya mulai dari penetapan calon, rekapitulasi, maupun penetapan bupati terpilih.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved