Breaking News:

Virus Corona

Tekan Kasus Covid-19, Tjahjo Kumolo Usulkan Libur Cuti Bersama Lebaran dan Tahun Baru Dipangkas Lagi

Menurut Tjahjo, hal tersebut bertujuan meminimalisasi penyebaran dan penularan Covid-19 saat musim libur panjang tersebut.

Humas MenPANRB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengusulkan hari libur nasional tahun ini diperpendek. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengusulkan hari libur Hari Raya Idul Fitri 2021 hingga libur Tahun Baru 2022, diperpendek.

Menurut Tjahjo, hal tersebut bertujuan meminimalisasi penyebaran dan penularan Covid-19 saat musim libur panjang tersebut.

Hal itu disampaikan Tjahjo dalam acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro Tahun 2020 secara virtual, Selasa (16/2/2021).

Baca juga: Pasien Covid-19 Menurun, RS Wisma Atlet Bakal Kembali Rawat OTG

"Kami usulkan supaya libur Idul Fitri (hingga) tahun baru enggak ada H-5 atau H+5, atau H-10 H+10, diperpendek, dengan protokol kesehatan yang ketat, disiplin," usul Tjahjo.

Tjahjo menambahkan, usulan itu nantinya turut dibarengi dengan instrumen sanksi bagi para ASN maupun anggota TNI-Polri yang berlibur ke luar kota.

Selain itu, ia mengatakan, aparatur pemerintah harus menjadi contoh berdisiplin yang baik bagi masyarakat.

Baca juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19 Indonesia 16 Februari 2021: Sudah 1.120.963 Orang Disuntik Dosis Pertama

"Sanksi tegas baik bagi ASN, TNI-Polri, dan bisa beri contoh ke masyarakat," ucapnya.

Tjahjo mengklaim, pemangkasan hari cuti bersama dan pelarangan ASN keluar kota di masa libur panjang, dapat menurunkan lonjakan kasus Covid-19 nasional.

Hal itu terbukti dengan penerapan kebijakan larangan ASN, TNI, dan Polri ke luar kota saat libur panjang Imlek 12-14 Februari 2021, di mana mampu menurunkan jumlah kasus Covid-19 hingga 25 persen.

"Kemarin (angka kasus Covid-19) sudah menurun 25 persen pada libur Imlek Sabtu-Minggu ini," tutur Tjahjo.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved