Breaking News:

Pemakzulan donald trump

Ketua DPR AS akan Bentuk Komite Independen untuk Selidiki Kerusuhan Capitol AS

komite tersebut akan menyelidiki dan melaporkan fakta serta penyebab kerusuhan 6 Januari 2021 terkait gangguan pada transfer kekuasaan secara damai

J Scott Applewhite/AP via motherjones.com
Ketua DPR AS Nancy Pelosi akan bentuk komisi independen untuk menyelidiki kerusuhan di Capitol 

Wartakotalive.com - Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi pada Senin (15/2/2021) mengatakan Kongres akan membentuk komite independen untuk menyelidiki kerusuhan mematikan di Capitol AS pada Rabu (6/1/2021).

Pelosi menyatakan, komite tersebut akan menyelidiki dan melaporkan fakta serta penyebab kerusuhan 6 Januari 2021 terkait gangguan pada transfer kekuasaan secara damai dari pemerintah Donald Trump ke Joe Biden.

Mengutip AP News, dalam sebuah surat kepada rekan-rekan Demokrat, Pelosi mengatakan bahwa DPR akan menyusun pengeluaran tambahan untuk meningkatkan keamanan di Capitol AS.

Setelah Trump dibebaskan dari sidang pemakzulan Senat untuk kali kedua, dukungan bipartisan tampaknya memihak komite independen untuk menyelidiki kerusuhan mematikan Capitol AS.

"Jelas dari temuan dan dari persidangan pemakzulan, kita harus mengetahui kebenaran tentang bagaimana ini terjadi," kata Pelosi pada Senin (15/2/2021) dalam suratnya.

Senada dengan keputusan Pelosi, Senator Lousinana Bill Cassidy turut sependapat harus ada penyelidikan secara rinci terkait kerusuhan Capitol AS.

Bill Cassidy merupakan satu dari tujuh anggota Partai Republik yang memilih untuk menghukum Trump.

Cassidy mengatakan, dia "berusaha meminta pertanggungjawaban Presiden Trump".

Dia dikecam oleh partai negaranya setelah pemungutan suara.

Diberitakan sebelumnya, Senat AS pada Sabtu (13/2/2021) membebaskan Trump atas tuduhan menghasut kerusuhan di Capitol AS.

Halaman
12
Editor: Bambang Putranto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved