Breaking News:

Berita Bogor

Besok Sofyan Djalil ke Cileungsi Tujuannya Bantu Warga Kabupaten Bogor Percepat Sertfikasi Tanah

Besok Sofyan Djalil ke Cileungsi tujuannya bantu warga Kabupaten Bogor percepat sertfikasi tanah.

Wartakotalive.com/Hironimus Rama
Besok Sofyan Djalil ke Cileungsi tujuannya bantu warga Kabupaten Bogor percepat sertfikasi tanah. 

WARTAKOTALIVE.COM, CILEUNGSI - Besok Sofyan Djalil ke Cileungsi Tujuannya Bantu Warga Kabupaten Bogor Percepat Sertfikasi Tanah

Kementerian ATR BPN akan meresmikan kantor perwakilan BPN wilayah Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, pada Rabu (17/2/2021) besok. 

Berlokasi di eks Kantor Kecamatan Cileungsi, peresmian perwakilan BPN ini akan dilakukan langsung oleh Meteri ATR BPN, Sofyan Djalil

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin mengatakan kantor perwakilan BPN Cileungsi dibuka untuk mendorong percepatan sertifikasi bidang tanah di Kabupaten Bogor.

"Kita sudah mengajukan dua lokasi kantor BPN untuk wilayah Bogor Barat dan Bogor Timur. Tetapi Bogor Timur yang sudah siap, dan tingkat pelayanannya tinggi. Itu lah diperioritaskan lebih dulu," ujar Burhanudin di Cibinong, Selasa (16/2/2021).

Baca juga: BMKG Prediksi La Lina Hingga April 2021, Ini Langkah Jitu Bupati Bogor Ade Yasin Atasi Bencana

Kantor BPN wilayah Kecamatan Cileungsi akan melayani tujuh kecamatan yang secara operasional full terkait pelayanan sertifikasi bidang tanah. 

Peresmian didasarkan surat Menteri ATR BPN No 15 tahun 2020 tentang pembentukan kantor BPN perwakilan wilayah Cileungsi dan Serang Banten.

"Di Indonesia hanya Jabar yakni Kecamatan Cileungsi dan Prov Banten yang terpilih," jelas Burhanudin.

Menteri Agraria dan Tata  Ruang  atau  Menteri  ATR Sofyan Djalil
Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Menteri ATR Sofyan Djalil (Tribunnews.com)

Saat ini Pemerintah Kabupaten Bogor sedang mengevaluasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) serta persiapan sertifikasi aset pemda.

Evaluasi ini dilakukan dalam Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) di Cibinong, Selasa (16/2/2021).

Rakortas ini dilakukan untuk membahas sejumlah poin penting yakni evaluasi program PTSL tahun 2020 dan persiapan program PTSL di tahun 2021. 

Baca juga: Kerahkan 2 Mobil Laboratorium PCR, Ini yang Dilakukan BIN Terhadap Warga Bojonggede Kabupaten Bogor

Pemkab Bogor saat ini sedang melakukan sertifikasi aset seperti sertifikasi PSU perumahan, sertifikasi kantor desa, Puskesmas dan sekolah untuk mendukung terwujudnya Karsa Bogor Sehat dan Cerdas.

"Percepatan sertifikasi aset pemda ini sangat penting. Berdasarkan program pemerintah pusat melalui Kementarian ATR BPN, tahun 2025 semua bidang tanah harus sudah bersertifikat, maka dari itu Pemerintah Daerah harus mendorong untuk mempercepat program itu," jelas Burhanudin 

Selain itu, Rakortas juga difokuskan untuk mengevaluasi persertifikatan tanah Hunian Tetap (Huntap) seluas 52 hektar. 

"PPT-nya sudah turun, sedang proses sertifikatnya. Insya Allah tahun ini selesai, karena amanat ibu Bupati Bogor semua mereka yang terdampak bencana harus dimukimkan di lokasi zona hijau," pungkas Burhanudin.

Penulis: Hironimus Rama
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved