Breaking News:

Berita Video

VIDEO Tanggul Roboh di Pondok Gede Permai Bekasi Langsung Diperbaiki Malam Ini

"Kondisinya sudah sangat membahayakan, baik dari sisi potensi terjadinya banjir dan luapan, karena pada posisi normal saja dia hanya sampai angka 500

WARTAKOTALIVE.COM, Jatiasih -- Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto bersama didampingi Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC), Bambang Heri meninjau lokasi tanggul roboh di Pondok Gede Permai (PGP) RT 04/10, Jatiasih, Jatiasih, Bekasi, Senin (15/2/2021).

Tri menjelaskan robohnya tanggul membahayakan warga, tak hanya karena konstruksinya yang jebol, melainkan juga saat ini Indonesia belum melewati masa musim penghujan.

"Kondisinya sudah sangat membahayakan, baik dari sisi potensi terjadinya banjir dan luapan, karena pada posisi normal saja dia hanya sampai angka 500 cm. Jadi kalau sekarang tambah turun lagi, sehingga ada kemampuan kapasitas menampung air jadi lebih kecil terus. Kemudian adalah keselamatan warga, jadi kalau ini kemudian nanti roboh menimpa rumah yang ada di sini," ungkap Tri di lokasi.

Ia menjelaskan bahwa pengerjaan yang sifatnya sementara, yakni pembuatan tanggul, bakal digarap pada malam ini, setelah berkoordinasi dengan BBWSCC.

"Yang penting sekarang jalan ini tidak bisa dilalui karena akan ditutup karena mengambilnya akan cukup dalam nantinya akan terhambat (akses warga) sekarang kita sosialisasikan kepada warga masyarakat yang ada di sekitar sepanjang tanggul (roboh) supaya bisa bekerja sama. Harus ada yang dikalahkan yaitu penggunaan dari pada jalan yang ada," katanya.

Sementara itu, Bambang menjelaskan pengerjaan tanggul merupakan program multiyears dam sudah tertuang dalam pembenahan pengendalian banjir Kali Bekasi.

Oleh karena disebabkan robohnya tanggul di PGP, kawasan tersebut bakal dijadikan priorotas utama pembangunan tanggul dari total proyek fase 1 di sepanjang 11-12 kilometer, dari pertemuan Sungai Cileungsi-Cikeas hingga Bendung Bekasi.

"Sudah-sudah kontrak kan. Sekarang kan proses sosialisasi pengukurannya masih kan. Nah ini kalau memang dibutihkan, bisa kita dahulukan," kata Bambang. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved