Breaking News:

Berita Bekasi

Realisasi Program Kerja Kapolri, E-TLE Akan Ditambah di wilayah Kabupaten Bekasi Tahun Ini

Realisasi Program Kerja Kapolri, E-TLE Akan Ditambah di wilayah Kabupaten Bekasi Tahun Ini. Berikut Lokasinya

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dwi Rizki
Kompas.com
Ditlantas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau E-TLE (electronic-traffic law enforcement) 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Polres Metro Bekasi bakal meningkatkan sistem penegakan hukum lalu lintas berbasis elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Hal itu dilakukan dalam mewujudkan program 100 hari kerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"E-TLE kita sudah ada tiga titik, tahun ini akan kita tambah 2-3 titik lagi," kata Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan pada Senin (15/2/2021).

Hendra menuturkan tiga lokasi E-TLE itu berada di simpang Sentra Grosir Cikarang (SGC), Jalan R.E. Martadinata, Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara.

Selanjutnya, di Lippo Cikarang Mall, Jalan M.H. Thamrin, Cikarang Selatan dan di bundaran golf Jababeka, Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur.

Penerapan E-TLE di ketiga titik itu, kata Hendra, juga akan dimaksimalkan agar proses penilangan pelanggaran lalu lintas dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Dua dari Enam Kelurahan di Kembangan Berstatus Zona Merah, Kelurahan Joglo Jadi yang Terparah

"Setelah evaluasi kemarin, ada beberapa item kelengkapan yang harus diupgrade. Seperti kameranya, sistem monitoring, pendataanya, kemudian juga sistem jaringan internetnya. Kita akan upgrade lagi supaya lebih canggih," tuturnya.

Untuk penambahan titik baru E-TLE, lanjut Hendra, didapatkan dari hibah Pemerintah Kabupaten Bekasi. Terkait titik pemasangan baru, masih dalam pembahasan serta koordinasi dengan pemerintah daerah.

Tentunya penambahan E-TLE baru akan dipasang di lokasi yang padat dilintasi kendaraan.

Baca juga: Mahfud MD: Pemerintah Tidak akan Pernah Menangkap Orang Kritis, Malah Senang Kalau Dikritik

"Jadi selain untuk menindak pelanggaran lalu lintas, E-TLE ini juga untuk mengidentifikasi pelaku-pelaku kejahatan," ungkapnya.

Hendra sangat mendukung adanya peningkatan tilang elektronik di jalan raya. Hal itu, guna mengurangi kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

Maka, itu dalam waktu dekat fasilitasnya akan segera ditingkatkan. Mulai dari rambu-rambu jalan, termasuk alat untuk E-TLE tersebut.

"Upaya tilang elektronik ini, dengan sendirinya tilang di jalan itu akan tereduksi. Walaupun belum semua, tapi bertahap akan dipasang dibanyak titik," paparnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved