Breaking News:

PMI Kota Depok Kumpulkan 20 Kantong Plasma Konvalesen Untuk Pasien Covid-19

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok sejauh ini sudah berhasil mengumpulkan sebanyak 20 kantong plasma konvalesen.

istimewa
Wali Kota Depok Mohammad Idris akhirnya menjadi pendonor plasma konvalesen yang ditujukan untuk membantu para pasien penderita Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok sejauh ini sudah berhasil mengumpulkan sebanyak 20 kantong plasma konvalesen oleh Unit Donor Darah (UUD) dari para penyintas Covid-19.

Selanjutnya, plasma konvalesen tersebut telah disalurkan ke beberapa rumah sakit guna membantu proses penyembuhan pasien Covid-19 yang tengah dirawat.

"Kami sudah ambil 20 kantong plasma darah dari penyintas Covid-19. Jumlah ini fluktuatif karena setiap harinya selalu ada penambahan pendonor," papar Kepala UDD PMI Kota Depok Widya Astriyani dalam keterangan tertulis Pemerintah Kota Depok, Senin (15/2/2021).

Baca juga: PMI Depok Defisit 500 Kantong Darah Per Bulan

Saat ini, terdapat 17 orang yang tengah dalam antrian untuk diambil plasma darahnya. Pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi guna mencari calon pendonor yang sesuai kriteria.

"Kami sudah sebar informasi ini melalui sosial media, surat kabar dan lain-lain. Bahkan, kami juga sudah sebar formulir pendaftaran melalui Whatsapp. Cara ini cukup membantu," akunya.

Widya mengatakan, terdapat beberapa syarat bagi pendonor yaitu laki-laki dan perempuan yang belum pernah hamil, sudah sembuh dari Covid-19, sehat, bebas gejala selama 14 hari dan memperlihatkan hasil RT PCR negative 1 kali. 

Baca juga: PMI Kota Depok Sebut Pendonor Darah Plasma Konvalesen Harus Berbobot 60 Kilogram

Selain itu terdapat juga syarat lainnya yakni pendonor berusia 18-60 tahun dengan berat badan minimal 60 kg.

“Informasi lebih lanjut, masyarakat bisa menghubungi via whatsapp melalui dr. Yuli Astuti di nomor 087871299824 dan M. Kartono  0813 1414 0917,” ujarnya.

Terapi plasma konvalesen, kata Widya merupakan salah satu metode imunisasi pasif yang dilakukan dengan memberikan plasma penyintas yang telah sembuh dari Covid-19 kepada pasien yang sedang dirawat.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved