Breaking News:

Perbaikan dan Pemiliharaan Jalan Provinsi Cikarang-Cibarusah Jadi Komitmen Pemprov Jabar

Uu meminta segenap elemen masyarakat mengawasi serta memelihara pembangunan yang dilaksanakan agar hasilnya dapat dimanfaatkan

wartakotalive.com/muhammad azzam
Petugas tengah melakukan perbaikan Jalan Cikarang-Cibarusah, Kabupaten Bekasi, pada Senin (15/2/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Pemprov Jabar berkomitmen untuk melakukan perbaikan serta pemeliharaan Jalan Cikarang-Cibarusah, Kabupaten Bekasi. Demikian diungkap Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum

Diketahui, jalan sepanjang 21 kilometer itu merupakan milik Provinsi Jawa Barat yang menghubungkan Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Karawang.

"Kami berterima kasih atas informasi serta dukungan DPRD Kabupaten Bekasi terkait kondisi Jalan Cikarang-Cibarusah ini," kata Uu  Ruzhanul Ulum saat meninjau titik jalan rusak di Jalan Cikarang-Cibarusah, Kecamatan Cikarang Selatan, pada Senin (15/2/2021).

Uu mengatakan Pemprov Jabar berkomitmen untuk memperhatikan kondisi jalan tersebut. Apalagi jalan ini merupakan akses warga untuk mobilitas antar daerah.

Baca juga: Butuh Waktu Kurang dari Lima Menit Dua Bandit Bobol Gembok Pagar Pakai Kawat Lalu Bawa Kabur N-Max

Baca juga: Manajemen Persija Bebastugaskan Alfath Fathier Selama 2 Bulan untuk Selesaikan Masalah Rumah Tangga

Tahun ini, pihaknya menganggarkan sebesar Rp 60 juta setiap kilometer yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat 2021 untuk pemeliharaan Jalan Cikarang-Cibarusah tersebut.

"Tahun ini tinggal menunggu action saja, dalam seminggu hingga dua minggu ke depan sudah ada pekerja yang melakukan perbaikan, menambal titik jalan yang bocor," katanya.

Ia mengungkapkan telah meminta izin Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk menggeser anggaran pemeliharaan menjadi perbaikan kerusakan jalan. Sebab, kondisi jalan ini tidak bisa dilakukan menggunakan anggaran pemeliharaan.

"Perbaikan pada titik-titik ini tidak bisa hanya memakai anggaran perawatan saja karena harus ada tambal beton perbaikan ini itu Rp10 miliar dialokasikan untuk anggaran pergeseran dan itu direalisasikan tahun ini juga," ucapnya.

Sehingga pada tahun ini, ada dua yang akan dikerjakan, pertama pemeliharaan jalan dan kedua mengganti titik-titik kerusakan jalan yang tidak selesai dengan pemeliharaan saja.

Uu meminta segenap elemen masyarakat mengawasi serta memelihara pembangunan yang dilaksanakan agar hasilnya dapat dimanfaatkan untuk jangka panjang.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 Terus Turun Wali Kota Bogor Bima Arya Apresiasi Semua Pihak

Baca juga: Bandar Narkoba Digerebek di Tempat Kos, Mengaku Sabu-sabu 100 Gram Didapat dari Temannya di Matraman

"Kalau ada pembangunan yang asal-asalan tolong ditegur dan laporkan ke kami. Saya menyampaikan apresiasi kepada DPRD Kabupaten Bekasi yang sudah memberikan informasi kepada kami dan sudah menyampaikan harapannya kepada kami sehingga kami bisa hadir di sini. Memang ini salah satu tugas dan fungsi DPRD yakni pengawasan," beber dia.

Diketahui, Jalan Cikarang-Cibarusah merupakan akses penghubung Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Bogor serta Kabupaten Karawang. Jalan itu merupakan jalur utama menuju sejumlah kawasan industri di Kabupaten Bekasi.

Maka itu, jalan tersebut kerap dilanda kemacetan serta terjadi kecelakaann lalu lintas. Kondisinya juga diperparah dengan kerusakan di sejumlah titik ruas jalan tersebut.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved