Breaking News:

UKM

Teten Masduki Dorong Pelaku Usaha Kecil Menengah Mampu Beradaptasi di Masa Pandemi Virus Corona

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki, meminta para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mampu beradaptasi saat ini.

istimewa
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki, meminta para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mampu beradaptasi di era yang penuh tantangan akibat pandemi Covid-19. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki, meminta para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mampu beradaptasi di era yang penuh tantangan akibat pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 yang telah menerjang Indonesia selama hampir setahun ini, telah menurunkan daya beli masyarakat dan melumpuhkan perekonomian nasional.

Menteri Teten menyebut, para pelaku UMKM harus memiliki kreativitas dan menyesuaikan prilaku masyarakat saat ini agar bisa bertahan.

Tak hanya kreativitas, para pelaku UMKM juga harus didampingi agar berjalan dengan lancar.

"Penting dalam situasi seperti ini untuk melahirkan kreativitas-kreativitas. Perlu juga pendampingan UMKM beradaptasi dalam situasi baru," ujar  Teten dalam Webinar dengan tema Membangun Milenial Produktif melalui Ekonomi Kreatif Berbasis Komunitas sebagai Kekuatan Menuju Better Normal, Sabtu (13/2/2021).

Terkait kebiasaan di masa pandemi, Menteri Teten melihat, masyarakat saat ini lebih suka melakukan transaksi jual beli secara daring. 

Sehingga, pemerintah dan Kemenkop UKM mendorong para pelaku UMKM harus melakukan konversi ke arah digital.

"Apalagi sekarang orang lebih suka belanja online. Ini juga salah satu yang kita dorong UMKM kita untu dapat bisa digitalisasi," jelasnya.

Sebagai informasi, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah juga telah melakukan berbagai upaya untuk UMKM agar bisa bertahan yang sulit seperti sekarang ini.

Beberapa waktu Kementerian Koperasi dan UKM menegaskan untuk fokus mengembangkan enam program pada 2021.

Halaman
12
Editor: Valentino Verry
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved