Breaking News:

PPKM Mikro Mulai Diberlakukan, Polres Metro Bekasi Kerahkan 187 Bhabinkamtibmas

Bhabinkamtibmas ditugas untuk membantu dalam pengusutan kasus Covid-19 yang terjadi di tingkatan RT.

Warta Kota/Muhammad Azzam
Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Menyusul diberlakukannya pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro, Polres Metro Bekasi mengerahkan 187 Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) untuk menjadi tracer Covid-19 atau orang yang melakukan tracing penularan Corona.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan mengatakan bahwa dalam aturan, PPKM itu menyasar skala mikro hingga ke tingkat RT. Maka itu, Bhabinkamtibmas ditugas untuk membantu dalam pengusutan kasus Covid-19 yang terjadi di tingkatan RT.

"Ini juga sebagai wujud pelaksanaan perintah Bapak Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo), agar kepolisian dapat turut rangka mengatasi ataupun menurunkan Covid-19 yang saat ini perkembangannya masih cukup tinggi," kata Hendra, di Cikarang, pada Minggu (14/2/2021).

Baca juga: Kejagung Periksa Tan Kian Sebagai Saksi di Kasus ASABRI, MAKI Justu Dorong Hal Ini

Baca juga: Jajaki Kerja Sama dengan Microsoft, Nintendo Rilis Fitur Baru yang Interaktif

Hendra menjelaskan Polisi Bhabinkamtibmas itu akan menjadi trigger tracer serta koordinator tracer. Artinya, Bhabinkamtibmas bertugas mendorong, mengkoordinasikan tracer-tracer dari unsur lainnya yang berasal dari petugas kesehatan, masyarakat ataupun relawan untuk melakukan tracing serta penanganan kasus Covid-19 di lingkungan RT.

"Jadi sesuai intruksi dalam negeri itu, ada posko di tiap desa sehingga lebih cepat dalam komunikasi, pendataan serta penanganannya," tutur dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainarti mengatakan, Pemkab Bekasi memberlakukan PPKM Mikro. Ada perbedaan dalam pemberlakukan PPKM mikro dibanding sebelumnya yang hanya PPKM. Perbedaanya, yakni tingkat pengawasan serta penanganan sampai ke tingkat RT. "Lalu juga 3T, testing, tracing, dan treatment itu dimaksimalkan hingga ke tingkat desa dan RT/RW," katanya.

Dalam penerapan PPKM mikro ini, kata Enny, sangat diperhatikan betul tingkat zona atau level kewaspadaan tingkat desa hingga RT RW. Tiap desa dibangun posko serta dibentuk tim gabungan dalam upaya 3T tersebut.

"Zona perdesa di Kabupaten Bekasi itu ada aplikasi untuk tracking pasien dan kontak erat. Itu memudahkan tim gabungan dalam upaya 3T, serta menjalankan ketentuan PPKM mikro tersebut," paparnya.

Wakil Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Kombes Hendra Gunawan mengatakan bahwa PPKM mikro ini pengawasan serta pembatasan kegiatan hingga ketingkat RT.

Sebelumnya, PPKM itu makro artinya skala kabupaten dalam melakukan pembatasan kegiatan. "Sekarang jadinya itu skala mikro jadi PPKM itu nantinya ditingkat RT. Ada sejumlah ketentuan pembatasan kegiatan, pengawasannya menyasar tingkat RT," kata Hendra, di Cikarang, pada Minggu (14/2/2021).

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved