Breaking News:

Otomotif

Berlakunya PPnBM 0 Persen, Konsumen Mobil Bekas Jadi Galau, Ini Tanggapan Pedagang

Dengan pembelakuan PPnBM pada Maret 2021 membuat showroom konsumen mobil bekas jadi bimbing.

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ilustrasi - Dengan diberlakukannya PPnBM pada Maret 2021 membuat konsumen mobil bekas jadi galau foto Suasana bursa mobil bekas di Kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (19/7/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Relaksasi Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) dicanangkan mulai diterapkan pada Maret 2021 mendatang.

Meski Menteri Keuangan, Sri Mulyani belum mengetok palu usulan Menteri Perindustrian, hal ini cukup menarik perhatian banyak pihak, termasuk para pedagang mobil bekas (Mobkas).

Owner Showroom mobil bekas Indigo Auto, Yudy Budiman mengatakan bahwa isunya cukup membuat para konsumen mobil bekas bimbang.

"Kalau di customer mobil bekas kan jadi wait and see. Secara ekonomi mungkin untuk memicu, harusnya ini menjadi suatu rangsangan yang bagus supaya customernya ini bisa menggerakkan pasarnya lagi. Tapi saya rasa segmen mobil LCGC yang paling kena dampaknya," ungkap Yudy saat dihubungi Tribunnews, Jumat (12/2/2021).

Baca juga: Harga Terbaru Mobil Bekas LCGC dengan Harga Rp 60-90 Juta, Paling Irit Bensin

Baca juga: Jadwal Puasa Rajab, Niat Puasa Bila Diqadha dengan Ramadan, Sampai Doa Buka Puasa

Yudy menambahkan, relaksasi PPNBM sebenarnya tak berpengaruh banyak secara financial.

"Kalau PPNBM secara total itu sekitar berapa persen atau mungkin kita sebut 3 persen dari total harga tebusan. Jadi kalau LCGC di harga Rp 150 jutaan, itu potongannya sekitar Rp 5 - Rp 7,5 juta. Secara finansial itu tidak berpengaruh banyak, misalkan total DP itu Rp 30 juta, tapi kan nggak mungkin bisa dipotong Rp 7,5 juta terus menjadi sekitar Rp 20 jutaan, rasanya itu tidak mungkin," imbuhnya.

Ketika harga mobil barunya turun, Indigo Auto melihat akan menyebabkan efek domino untuk harga mobil dengan rentang 3-4 tahun.

Sementara untuk mobil bekas di atas 4 tahun tidak akan terpengaruh dengan adanya relaksasi PPNBM.

Baca juga: Daftar Tarif Pembebasan PPnBM Kendaraan Bermotor Mulai Maret 2021, Penjualan Mobil Baru akan Naik?

Hal ini membuat para penjual mobil bekas tetap optimis dengan pasar 2021.

"Pasti LCGC yang akan terkena dampaknya. Persyaratannya untuk yang kena relaksasi PPNBM tadi kan lokal kontennya harus 70 persen. Jadi mobil tahun yang umurnya dua atau tiga tahun pasti kena dampaknya. Tapi untuk tahun-tahun di atas 4 tahun itu tidak akan berpengaruh banyak. Sehingga kita optimis aja," tutur Yudy.

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved