Breaking News:

Proyek Lima Blok Kampung Susun Akuarium Penjaringan Rampung Enam Bulan Lagi

warga yang lanjut usia (lansia) akan mendapat prioritas untuk menempati lantai yang tidak terlalu tinggi.

Istimewa
Pembangunan Kampung Susun Bahari Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, saat ini sudah mencapai 10 persen. Rencananya, sebagian besar rumah susun itu akan selesai para 17 Agustus 2021. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pembangunan Kampung Susun Bahari Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara ditargetkan rampung pada 17 Agustus 2021. Sementara saat ini baru mencapai 10 persen.

Ketua RT 012/004 Penjaringan, Topas Juanda mengatakan pembangunan lima blok Kampung Susun Bahari Akuarium ditargetkan selesai pada 17 Agustus 2021. “Untuk target rencana diselesaikan finishnya 17 Agustus kita akan masuk ke dalam,” ungkapnya, Jumat (12/2/2021). 

Hanya saja pada 17 Agustus 2021 itu khusus Blok B dan Blok D. Sementara tiga blok lainnya akan menyesuaikan denhan kondisi di lapangan untuk rampungnya proses pembangunan.   “Kalau perencanaan keseluruhan targetnya 2022, bulannya kita tidak tahu. Jadi Blok B dan Blok D selesai, lanjut Blok A, Blok C dan Blok E,” kata Topas. 

Baca juga: Gelandang Persib Bandung Dedi Kusnandar Ingin Merasakan Gelar Juara Bersama Skuad Pangeran Biruw

Baca juga: Penegakan Hukum Berkontribusi Positif Terhadap Tingkat Kepuasan pada Pemerintahan Jokowi

Topas memastikan pembangunan Kampung Susun Bahari Akuarium sesuai dengan keinginan warga setempat. Ditambah arsitektur bangunan itu nantinya berbeda dengan rusun kebanyakan. “Biasanya pintu ketemu pintu doang, sulit untuk berinteraksi. Tapi kalau ini ada ruang terbuka di setiap lantai. Jadi nanti tiap lantai kayak seperti ada aulanya,” sambungnya. 

Menurut Topas, warga yang lanjut usia (lansia) akan mendapat prioritas untuk menempati lantai yang tidak terlalu tinggi. Sementara warga lain akan diundi untuk menentukan unit yang akan ditempati. “Tidak mungkin saya yang masih sehat di bawah sementara ada nenek nenek di bawah. Kita kan sepakat itu dari awal. Sisanya kita kocok ulang,” tegas Topas.

Progres pembangunan lima blok Kampung Susun Bahari Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara saat ini sudah mencapai 10 persen. Topas mengatakan alat berat pembangunan Kampung Susun Bahari Akuarium sudah datang sejak awal bulan Desember 2020. 

“Sementara untuk pemancangan sudah dimulai sejak akhir Desember 2020 kemarin,” kata Topas. Proses pemancangan tiang untuk Blok B dan Blok D sudah rampung dan disusul kemudian Blok C. Sementara pemancangan tiang untuk Blok A dan Blok C akan dilakukan menyusul setelahnya. 

“Kalau untuk pemancangan ini (Blok B dan Blok D), sudah selesai dan sekarang ada tiang pondasi dan pengecoran lantai sudah selesai. Jadi kalau dibilang sekitar 10 persen,” kata Topas. Menurut Topas, sejauh ini tidak ada kendala yang berarti selama pembangunan Kampung Susun Bahari Akuarium. Namun demikian hujan yang turun belakangan sempat mengganggu. 

Baca juga: Kesampingkan Perbedaan, Kelompok Etnis Myanmar Bersatu Lawan Kudeta Myanmar

Baca juga: Intensitas Hujan di Depok Masih Tinggi Warga Pilih Tinggalkan Rumah Khawatir Terjadi Longsor Susulan

“Kendala sih tidak ada, tapi ya itu alam kayak hujan. Karena kalau hujan itu tidak bisa ngecor. Yang lainnya sih tidak ada kendala,” katanya. Sementara itu dari lima blok Kampung Susun Bahari Akuarium yang saat ini dibangun akan ada 241 unit yang bisa ditempati oleh warga setempat.

Jumlah itu sesuai dengan Kepala Keluarga (KK) di Kampung Akuarium yang mengalami pengusuran pada tahun 2016 silam saat Gubernur DKI Jakarta masih dijabat Basuk Thahaja Purnama. “Khusus Blok B dan Blok D ada 104 KK untuk warga yang ada di sini (shelter), kemudian nanti dilanjut warga di luar shelter yang bertahan di rusun,” kata Topas.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved