Breaking News:

Prediksi Meleset, Permintaan Mobil Bekas di Indigo Auto Malah Naik 50 Persen pada Januari 2021

"Kita prediksi pasar akan turun dibanding Desember 2020, tapi ternyata terbalik. Mobil bekas harganya malah beranjak naik,"

Istimewa
Showroom Indigo Auto di BEZ Auto Center A 50-51, Jalan Boulevard Raya Gading Serpong, Tangerang Banten. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Showroom mobil bekas Indigo Auto berhasil memulai tahun 2021 dengan raihan positif.

Dealer yang terletak di BEZ Auto Center A 50-51, Jalan Boulevard Raya Gading Serpong, Tangerang Banten awalnya memprediksi pasar akan menurun saat awal tahun.

"Wah pasarnya bagus sekali, karena kita terbantu dengan permintaan yang naik. Kalau boleh jujur di bulan Januari ini anomali. Kita prediksi pasar akan turun dibanding Desember 2020, tapi ternyata terbalik. Mobil bekas harganya malah beranjak naik. marketnya bagus, permintaannya naik," terang Owner Indigo Auto, Yudy Budiman saat dihubungi Tribunnews, Jumat (12/2/2021).

Baca juga: Dana Pas-pasan Beli Mobil Bekas? Daihatsu Xenia Tahun 2004-2007 Bisa Jadi Pilihan, Cuma Rp 50 Jutaan

Lebih lanjut, Yudy menyebut bahwa kekosongan produksi yang terjadi pada 2020, saat Agen Pemegang Merek (APM) mengurangi pembuatan mobil, berhasil mendongkrak penjualan mobkas.

"Saat APM mereduksi produksinya 50 persen, tapi ternyata penurunnya hanya sekitar 30 persen, di sinilah ada market sekitar 20 persen yang kosong dan konsumen itu masuknya ke mobil bekas," ungkapnya.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Hatchback Tahun 2021 Bisa Dibeli dengan Harga 60 Jutaan

Januari lalu, konsumen di Indigo Auto banyak mencari mobil dengan segmen SUV medium-high, seperti Pajero, Fortuner, Innova dan CRV Turbo dengan range harga Rp 200 juta - Rp 500 jutaan.

Sedangkan untuk segmen LCGC dan MPV atau mobil dengan harga Rp 100 juta - Rp 150 juta tercatat sepi peminat.

"Perkiraan kami, konsumen yang punya budget Rp 500 jutaan, dulu mereka bisa beli Innova baru. Nah sekarang mereka lebih ih milih beli CR-Z bekas atau Fortuner bekas. Jadi mereka milih tahunnya yang gak terlalu tua, tetapi mereka bisa naik kelas," jelas Yudy.

Baca juga: VIDEO: Gara-gara Pandemi, Penjualan Mobil Bekas Jakarta Barat Anjlok 50 Persen

Indigo Auto sendiri berhasil mencatat kenaikan penjualan sebesar 50 persen dibandingkan Desember 2020.

"Kenaikannya bulan kemarin itu bisa 50 persen dibanding Desember 2020. Kalau jumlah sih kita nggak terlalu banyak, sekitar 20-an aja, tapi untuk range harga yang paling banyak dicari itu Rp 200 juta - Rp 500 juta," tutur Yudy.

Editor: Murtopo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved