Imlek

Penjualan Pohon Jeruk Kimkit Si Pembawa Keberuntungan Tak Semanis Perayaan Imlek Tahun Lalu

Salah satu barang yang dibeli oleh warga keturunan Tionghoa pada perayaan Imlek adalah pohon Jeruk Kimkit atau Jeruk Keberuntungan.

Editor: Lucky Oktaviano
Tribun Network/Herudin
Ribuan pohon jeruk kimkit tertata rapi disebuah area penjualan di daerah Meruya Jakarta Barat, Senin (25/1/2021). Jeruk Kimkit atau dikenal dengan jeruk imlek itu menjadi sajian utama ditahun baru imlek, tidak terkecuali ditahun baru imlek 2572. Namun di tahun 2021 ini, permintaan jeruk kimkit yang diimpor langsung dari China ini menurun hingga 15 persen akibat pandemi Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Pada perayaan Imlek, pohon Jeruk Kimkit atau Jeruk Keberuntungan menjadi salah satu primadona yang dibeli oleh warga keturunan Tionghoa.

Arti pohon jeruk Imlek bagi mereka sangatlah penting.

Buah Jeruk yang berwarna orange diyakini mereka sama dengan warna emas sebagai simbol kekayaan.

Maka, semakin banyak buah di satu pohon dipercaya akan semakin melimpah rezeki dan keberuntungan yang didapat si pemiliknya.

Selain sebagai simbol keberuntungan, pohon jeruk Imlek sering dijadikan sebagai lambang keharmonisan sebuah keluarga.

Pedagang bunga di kawasan Rawa Belong, Jakarta Barat, banyak yang menyediakan pohon jeruk imlek jenis kimkit sebagai dekorasi perayaan imlek.

Menurut para pedagang, pohon jeruk Imlek ini didatangkan langsung dari China.

Fitri adalah satu diantara banyak pedagang bunga dan pohon jeruk di pasar Rawa Belong, Jakarta Barat.

Saat Warta Kota menyambangi kiosnya, , wanita bertubuh mungil ini mengatakan pada perayaan Imlek di masa pandemi ini, dia berhasil menjual sebanyak 20 pot pohon jeruk ukuran besar, dengan tinggi sekitar 1 – 2 meter.

Pemesannya kebanyakan dari hotel-hotel di seluruh Pulau Jawa dan Lampung, mereka memesan untuk dijadikan hiasan di lobby hotel.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved