Breaking News:

Berita Bogor

Penduduk Kabupaten Bogor Capai 6 Juta Jiwa, Pemkab Bogor Kaji Tutup Kecamatan untuk Perumahan

Penduduk Kabupaten Bogor capai 6 juta jiwa, Pemkab Bogor kaji tutup kecamatan untuk perumahan.

Wartakotalive.com/Hironimus Rama
Penduduk Kabupaten Bogor capai 6 juta jiwa, Pemkab Bogor kaji tutup kecamatan untuk perumahan. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Penduduk Kabupaten Bogor mencapai 6 juta Jiwa, Pemkab Bogor  mengkaji tutup sejumlah kecamatan untuk perumahan.

Pemerintah Kabupaten Bogor berencana memperbanyak sentra bisnis di kawasan Cibinong.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin, saat menggelar audiensi pemaparan rencana pengembangan kawasan tahun 2021 di Ruang Rapat Bupati Bogor, Rabu (10/2/2021).

“Kami sedang menyusun Rencana Ditail Tata Ruang (RDTR) Kota Cibinong Raya yang terdiri dari tujuh kecamatan. Rencananya kami akan membangun lebih banyak sentra bisnis,” kata Burhanudin, Rabu (19/2/2021).

Burhanudin menjelaskan, revisi Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bogor yang akan dibuat sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.60 tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur (Jabodetabekpunjur). 

Rencana Ditail Tata Ruang (RDTR) Cibinong Raya terdiri dari tujuh kecamatan yakni Cibinong, Babakan Madang, Sukaraja, Citeureup, Bojonggede, Tajurhalang dan kemungkinan Kemang.

Kota Cibinong Raya seperti wilayah Sentul dan Sukaraja nanti akan menjadi kawasan Central Bisnis District (CBD). 

“Tujuh kecamatan tadi akan kami perbanyak sentra bisnisnya”, terang Burhanudin.

Takut Terpapar Covid-19, Jelang Imlek Vihara Amurwa Bhumi di Cibinong Kabupaten Bogor Sepi Aktivitas

Menurut Burhanudin, penduduk Kabupaten Bogor saat ini sudah mencapai 6 juta lebih. Karena itu, Pemkab Bogor sedang mengkaji kemungkinan di beberapa kecamatan tertutup untuk pembangunan perumahan.

“Nanti yang akan banyak dikembangkan adalah pusat ekonomi dan bisnis. Karena permasalahan perumahan setelah selesai dibangun developer, permasalahannya lebih berat di kami,” jelasnya.

Inilah yang Dibutuhkan Pengusaha Perempuan di Kabupaten Bogor untuk Bertahan

Burhanudin menyebut beberapa persoalan perumahan di Kabupaten Bogor seperti masalah sampah, penerangan jalan umum, sarana air bersih, drainase, masalah sosial, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya.

“Ini yang membuat lebih berat bagi pemda. Maka kami mengajak seluruh stake holder pembangunan untuk berkolaborasi dengan baik,” imbuhnya.

  Burhanudin menambahkan bahwa tahun ini akan dilanjutkan pengembangan Bogor Outer Ring Road (BORR) sampai ke Serpong.

“Dalam program PUPR tahun 2021, akan dimulai juga pengembangan jalan tol Sentul Selatan sampai Karawang Barat. Ini adalah peluang yang baik untuk investasi,” pungkas Burhanudin.

Penulis: Hironimus Rama
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved