Breaking News:

MATAKIN Gelar Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional 2572 Kongzili Secara Virtual

Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) akan kembali menyelenggarakan Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional pada Minggu, 14 Februari 2021.

istimewa
Ketua Umum MATAKIN Pusat Xs Budi Santoso Tanuwibowo. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili (anno Khonghucu) pada tahun ini jatuh bertepatan dengan tanggal 12 Februari 2021 Masehi.

Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) akan kembali menyelenggarakan Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional pada Minggu, 14 Februari 2021.

Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional oleh MATAKIN ini adalah untuk ke-22 (dua puluh dua) kalinya, terhitung sejak perayaan pertama, pada 17 Februari 2000, di era Presiden Republik Indonesia ke - 4, KH. Abdurrahman Wahid.

Ketua Umum MATAKIN Xs Budi Santoso Tanuwibowo mengatakan bahwa perayaan Imlek di Indonesia tahun ini suasananya berbeda disbanding tahun-tahun sebelumnya.

“Kami prihatin karena pergerakan pandemi Covid 19 di negara kita masih terus menaik, tanpa bisa diperkirakan secara akurat kapan akan mulai menurun ditambah dengan kabar duka akibat bencana yang menimpa beberapa daerah di Indonesia,” ungkap Xs Budi S. Tanuwibowo dalam pernyataan resminya, Kamis (11/2/2021).

Ketua Panitia Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional 2572 Kongzili MATAKIN, Ws Urip Saputra.
Ketua Panitia Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional 2572 Kongzili MATAKIN, Ws Urip Saputra. (istimewa)

Menurutnya, Tahun Baru Imlek secara spiritual merupakan momen untuk membenahi dan memperbaharui diri, kembali ke fitrah manusia yang bersih dan suci, karena watak sejati manusia merupakan derivatif dari nilai-nilai Kebajikan Tuhan YME.

Karena pandemi Covid-19 pulalah, kata dia, maka perayaan Hari Raya Tahun Baru 2572 Kongzili secara nasional kali ini tidak dirayakan secara besar-besaran, melainkan secara virtual yang bertajuk Doa Untuk Indonesia, yang disiarkan melalui Live Streaming Youtube MATAKIN Pusat pada Minggu, 14 Februari 2021 pukul 10.00 WIB s.d 13.00 WIB.

“Tema tersebut mengingatkan kita untuk selalu mawas diri, hidup selaras dengan alam dan senantiasa berbuat kebajikan. Tuhan tidak akan memberikan ujian kepada manusia di luar batas kemampuannya,” kata Xs Budi S. Tanuwibowo.

Dia juga berpesan agar umat Konghucu mengalihkan dana yang semula untuk perayaan Tahun Baru Imlek dengan menghadirkan hidangan lezat dan pakaian mewah, dialokasikan untuk memperbesar bakti sosial.

Xs Budi S. Tanuwibowo juga berpesan agar umat Konghucu menghindari untuk ramai-ramai bersembahyang di tempat ibadah, dan disarankan fokus sembahyang di rumah saja.

“Begitu pun silaturahminya, silakan gunakan teknologi, bisa lewat telpon, video call atau aplikasi lain, tidak mengurangi kekhusukan yang penting ada ketulusan. Demikian juga ketika ingin berikan angpao, bisa berikan lewat M-Banking atau kirim pulsa. Begitu pun ketika Cap Go Meh, silakan nonton di televisi saja,” pesannya.  

Ketua Panitia Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional 2572 Kongzili MATAKIN, Ws Urip Saputra mengatakan bahwa secara teknis, panitia Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional 2572 didukung penuh Dewan Rohaniwan MATAKIN.  

“Himbauan kami kepada umat, saat nanti disiarkan live yotutube doa proses sembahyang besar, umat juga mengikuti dari rumah masing-masing. Tidak ada kegiatan di rumah ibadah agama konghucu baik di klenteng bio maupun litang,” tuturnya.

Melalui perayaan ini MATAKIN mengajak semua umatnya untuk bersama-sama berdoa dengan harapan Tuhan YME memberikan kekuatan dan sekaligus membuka kesadaran agar manusia mau berbenah diri, mengoreksi diri dan hidup rukun harmonis untuk bersama-sama mengatasi setiap masalah sehingga semua bencana ini dapat segera teratasi.

Penulis: Ichwan Chasani
Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved