Breaking News:

Imlek 2572

Ikan Bandeng yang Dijual Jelang Imlek 2572 di Rawa Belong Dinyatakan Bebas Formalin

Ikan bandeng yang dijual jelang imlek 2572 di Jalan Sulaiman Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat dinyatakan bebas cemaran formalin.

Warta Kota/Desy Selviany
Sidak ikan bandeng yang dilakukan pihak Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat Kamis (11/2/2021). (Sudin KPKP Jakarta Barat) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ikan bandeng yang dijual jelang imlek 2572 di Jalan Sulaiman Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat dinyatakan bebas cemaran formalin.

Hasil itu berdasarkan sidak yang dilakukan pihak Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat, Kamis (11/2/2021).

Ikan bandeng yang dijual di pasar tersebut telah dicek secara fisik, maupun secara kimiawi di laboratorium keliling yang didatangkan khusus.

Pihak Sudin KPKP Jakarta Barat melakukan uji pencemaran formalin untuk memastikan keamanan pangan.

"Pemeriksaan secara fisik ikannya segar, juga pada enam sampel ikan yang dicurigai sudah diuji. Hasilnya negatif," kata Kasudin KPKP Iwan Indrianto usai peninjauan.

Iwan mengatakan ikan yang dicek berasal dari 23 pedagang yang rata-rata diambil dari Muara Angke, Indramayu dan Karawang.

Jumlah ikan yang dijual sekitar 3.345 kilogram dengan kisaran berat perekor satu sampai lima kilogram. Iwan menyebut ada penurunan jumlah pedagang di banding tahun sebelumnya, akibat terdampak pandemi Covid-19.

"Penurunan dari tahun 2020 sekitar 37 pedagang, mereka terdampak kondisi saat ini," ujar Iwan.

Pengecekan pasokan ikan bandeng saat Imlek oleh Pemprov DKI tidak hanya dilakukan di Rawa Belong, melainkan di pasar grosir ikan Muara Angke, Jakarta Utara, pasar tradisional dan swalayan. 

Penulis: Desy Selviany
Editor: Valentino Verry
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved