Breaking News:

Kesehatan

JPKL Pastikan Bahaya Kandungan BPA dalam Kemasan Bukan Hoaks, Berbahaya Buat Bayi dan Balita

Bahaya terpapar BPA dapat mengakibatkan terganggunya hormonal, perkembangan organ tubuh dan perilaku serta gangguan kanker di kemudian hari.

Istimewa
Ketua Umum Perkumpulan Jurnalis Peduli Kesehatan dan Lingkungan (JPKL) Roso Daras 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Ketua Perkumpulan Jurnalis Peduli Kesehatan dan Lingkungan, Roso Daras kembali mengingatkan tentang bahaya kandungan BPA bagi kesehatan bayi, balita dan janin. 

Ia pun memastikan akan terus mendesak tentang pencantuman pada kemasan plastik, dalam hal ini galon guna ulang yang mengandung BPA agar tidak dikonsumsi oleh bayi, balita dan janin pada ibu hamil.

Menurut Roso bahwa pemberian label tersebut, agar air dalam galon guna ulang tidak dikonsumsi oleh bayi, balita dan janin karena mengingat wadahnya mengandung BPA.

Botol susu bayi sudah diwajibkan terbebas dari BPA, karena bersentuhan langsung.

Sebab, kata dia,  air yang digunakan untuk mencampur susu bubuk, misalnya harus juga terbebas dari bahan yang mengandung BPA.

JPKL: Berbahaya bagi Janin, Bayi dan Balita, Tidak Ada Toleransi untuk Kemasan Mengandung BPA

"Kalau botolnya sudah free BPA tapi airnya dari galon yang belum free BPA hal itu jelas sangat berisiko," ungkap Roso Daras melalui pesan tertulis, Rabu (10/2/2021).

Roso juga menegaskan bahwa soal bahaya BPA itu bukan hoaks.

"Siapa yang berani menjamin dan bertanggung jawab jika bayi, balita dan janin yang dicekoki air dari galon yang mengandung BPA akan aman-aman saja," ungkapnya.

Menurutnya, bahaya terpapar BPA dapat mengakibatkan terganggunya hormonal, perkembangan organ tubuh dan perilaku serta gangguan kanker di kemudian hari.

Serap Belanja Wisatawan Pensiunan dari Mancanegara, Pemerintah Siapkan Visa Jangka Panjang

Dasarnya adalah hasil penelitian para ahli di bidang kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved