Breaking News:

Garuda Indonesia

Dirut Garuda Indonesia Kembalikan 12 Pesawat Bombardier CRJ1000 karena Alami Kerugian Finansial

Maskapai penerbangan pelat merah PT Garuda Indonesia (Persero) mengklaim mengalami kerugian imbas dari pengoperasian pesawat Bombardier CRJ1000.

Istimewa
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan pihaknya mengembalikan 12 pesawat Bombardier CRJ1000 ke perusahaan leasing karena menderita kerugian. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Maskapai penerbangan pelat merah PT Garuda Indonesia (Persero) mengklaim mengalami kerugian imbas dari pengoperasian pesawat Bombardier CRJ1000.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, alasan kerugian tersebut yang membuat pihaknya mengembalikan 12 pesawat Bombardier CRJ1000 ke perusahaan leasing.

Menurutnya, selama delapan tahun operasional, perseroan mengalami kerugian rata-rata 30 juta dolar AS per tahun akibat penggunaan pesawat jenis tersebut.

Ia membeberkan, sewa pesawat sendiri hanya sekitar 27 juta dolar AS.

"Setelah digunakan beberapa tahun, sepertinya tidak sesuai dengan kebutuhan yang ada di pasar Indonesia. Kami mengalami kerugian dengan menggunakan pesawat ini," ujar Irfan dalam video conference, Rabu (10/2/2021).

Dirinya kembali melanjutkan, pemutusan kontrak sepihak ini dilakukan Garuda Indonesia sejak 1 Februari 2021 kepada pihak leasing Nordic Aviation Capital (NAC). 

Sebagai informasi, saat ini 12 pesawat tersebut masih berada di Bandara Soekarno-Hatta dan tidak beroperasi untuk penerbangan komersil.

"Selama delapan tahun operasi, kinerja operasional penggunaan pesawat ini tidak menghasilkan keuntungan tetapi menciptakan rugi yang cukup besar buat Garuda," ucap Irfan.

"Ke depan kami perkirakan kerugian akan muncul dengan menggunakan pesawat ini," katanya.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah memastikan untuk mengakhiri kontrak pembelian pesawat Bombardier CRJ1000 yang dilakukan oleh Garuda Indonesia terhadap dua perusahaan leasing.

Halaman
12
Editor: Valentino Verry
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved