Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

Dari Total 797 RW di Kota Bogor Sebanyak 50,32 Persen Terdapat Kasus Positif Covid-19

Dari Total 797 RW di Kota Bogor sebanyak 50,32 persen terdapat kasus positif Covid-19.

Whatsapp
Dari Total 797 RW di Kota Bogor sebanyak 50,32 persen terdapat kasus positif Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Dari total 797 RW di Kota Bogor sebanyak 50,32 persen terdapat kasus positif Covid-19.

Wali Kota Bogor, Bima Arya  Sugiarto, memimpin apel sinergitas tiga pilar untuk penguatan wilayah pada Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro di Halaman Museum PETA, Jalan Jenderal Sudirman, Bogor Tengah, Rabu (10/2/2021).

Bima Arya mengatakan, sinergitas tiga pilar antara Pemkot Bogor, Polresta Bogor Kota dan Kodim 0606/Kota Bogor harus berjalan beriringan hingga tingkat kecamatan, kelurahan, bahkan RT / RW dalam pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19.

Strateginya adalah menekan penularan angka positif melalui penguatan kapasitas pengawasan di wilayah. Testing, tracing dan treatment.

"Ada Instruksi pemerintah daerah membentuk posko hingga tingkat kelurahan dan agar tiga pilar bersinergi, berkolaborasi untuk melakukan fungsi-fungsi pengawasan protokol kesehatan, penindakan, dan utamanya juga adalah melakukan surveillance atau tracing. Karena itu kuncinya di sini adalah koordinasi yang rapi,” kata Bima Arya dikutip dari Instagram@pemkotbogor.

Bima Arya meminta Dinas Kesehatan Kota Bogor untuk memperbarui data RT / RW dalam zonasi pengendalian wilayah (hijau, kuning, oranye, merah) berdasarkan aturan terbaru dari pemerintah pusat.

“Yang pertama kita update zona merah berdasarkan aturan terbaru di tingkat RT/RW. Yang kedua, kita aktivasi Polisi RW dan posko-posko di kelurahan," ujarnya

Warga Kota Bogor Waspada Vaksin Covid-19 Palsu, Ini Ciri-ciri dan Dampaknya

Di situlah fungsi pengawasan diperketat,lanjut Bima, yang sedang isolasi betul-betul harus patuh, tidak boleh keluar rumah dan diawasi semua.

"Zona merah ini diawasi ketat oleh tiga pilar, Camat, Kapolsek, Danramil, Lurah Babinsa, Babinkamtibmas dan turunan dibawahnya hingga Polisi RW, dipastikan semuanya tidak ada pelanggaran aktivitas berkerumun warga,” jelas Bima.

Data Dinas Kesehatan pada Selasa (9/2/2021), saat ini tercatat ada 401 RW yang terdapat kasus positif dari total 797 RW se-Kota Bogor atau 50,32 persen.

Namun, 401 RW tersebut belum bisa dikatakan zona merah. karena dalam Instruksi Mendagri 3/2021 disebutkan zona merah apabila terdapat lebih dari 10 rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama tujuh hari terakhir.

“Nanti kami sampaikan segara data zonasi sesuai aturan terbaru,” imbuh Bima.

Penulis: Dodi Hasanuddin
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved