Breaking News:

Kelaianan Irama Jantung Lebih Berisiko Mengalami Gejala Berat Bila Terkena Covid-19

Sama seperti penyakit jantung lainnya,  penderita  kelainan irama jantung (aritmia) akan lebih mengalami perburukan ketika terinfeksi Covid-19.

Penulis: Lilis Setyaningsih | Editor: Murtopo
Kompas.com
20131224_organ jantung 

Laporan wartawan Wartakotalive.com, Lilis Setyaningsih

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Sama seperti penyakit jantung lainnya,  penderita  kelainan irama jantung (aritmia) akan lebih mengalami perburukan ketika terinfeksi Covid-19.

Sehingga di era pandemi, keluhan sekecil apapun di jantung harus membuat waspada, dan jangan menunda ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan.  

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Dr. Dicky Armein Hanafy, Sp.JP(K) mengatakan, ketika terkena infeksi virus Covid-19, terjadi peradangan.

Ketika di area jantung juga terjadi peradangan, akan memperberat kelainan jantung termasuk  aritmia. 

PESAN DOKTER REISA Vaksin Covid-19 Aman Untuk Lansia

“Data yang dikumpulkan dibanyak rumah sakit, pasien Covid-19 dengan aritmia umumnya memiliki gejala yang berat, berisiko masuk ICU lebih tinggi dibandingkan yang tidak memiliki aritmia. Sehingga angka kematiannya juga meningkat,” ujar dokter Dicky  saat menjadi pembicara di radio kesehatan dengan tema ‘Kelainan Irama Jantung di Era Pandemi’, Senin (8/2/2021).

Pasien dengan aritmia, ketika terjadi Covid-19 akan  memiliki risiko peningkatan gangguan.

Pasalnya, obat-obatan yang diberikan seperti antivirus, antibiotic, walaupun tidak besar, namun memiliki potensi terjadinya aritmia.

Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri di Rumah Dievakuasi ke Hotel Akibat Banjir

Hal inilah yang membuat penderita aritmia yang terkena Covid-19 berisiko menjadi gejala berat.

Tidak pernah disarankan, pada penderita aritmia yang terkena  Covid-19, melakukan isolasi mandiri di rumah.  Harus di rumah sakit.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved