Breaking News:

Garuda Indonesia Selesaikan Proses Pencairan Dana Hasil OWK Sebesar Rp1 Triliun

Garuda Indonesia Selesaikan Proses Pencairan Dana Hasil OWK Sebesar Rp1 Triliun. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

Garuda Indonesia
Garuda Indonesia 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PT Garuda Indonesia (TBK) merampungkan dana obligasi wajib konversi atau OWK sebesar Rp 1 triliun. Pencairan dana ini mengacu pada penerbitan OWK tahun 2020 yang telah disepakati antara Garuda Indonesia dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pada persetujuan penerbitan OWK ini Garuda Indonesia akan menerbitkan obligasi senilai Rp 8,5 triliun dengan tenor maksimum 7 tahun.

"Saat ini implementasi pencairan dana OWK yang telah terlaksana pada tanggal 4 Februari 2021 adalah Rp 1 triliun dengan tenor selama 3 tahun. Alhasil, GIAA masih bisa menerbitkan OWK Rp 7,5 triliun kepada SMI," ucap Irfan dalam keterangannya, Selasa (9/2/2021).

Irfan juga menyebutkan, pencairan dana hasil penerbitan OWK ini telah memperhitungkan kebutuhan modal kerja Garuda Indonesia dalam jangka pendek dan menengah.

"Jadi, penggunaan dana hasil OWK ini dapat berjalan tepat guna sesuai kebutuhan maskapai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut," ujar Irfan.

Selain itu Irfan juga menjelaskan, hingga awal kuartal keempat 2020 Garuda Indonesia mencatatkan jumlah penumpang tertinggi selama pandemi.

"Kemudian pada November 2020 lalu, Garuda Indonesia Group membukukan jumlah penumpang lebih dari 1,043 juta penumpang, meningkat signifikan dari masa awal pandemi yang hanya sekitar 30.000 penumpang," ucap Irfan.

Selanjutnya Garuda Indonesia juga mencatatkan pertumbuhan kargo sebesar 12,20 persen, dari awal kuartal keempat 2020 menjadi 24.600 ton angkutan kargo.

Dari aspek pengelolaan biaya produksi, ungkap Irfan, Garuda Indonesia juga menegosiasikan biaya sewa pesawat, negosiasi dengan pihak ketiga lainnya, serta berbagai optimalisasi biaya penunjang lainnya.

"Dengan langkah ini, GIAA menghemat US$ 15 juta per bulan. Kinerja perusahaan yang terus menunjukkan pertumbuhan positif di tengah masa pandemi, kami optimistis dana dari hasil penerbitan OWK ini akan dapat menunjang fokus akselerasi kinerja Garuda Indonesia," ucap Irfan. (Hari Darmawan)

Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved