Breaking News:

Bupati Bekasi Pastikan Evakuasi, Pemberian Bantuan, Hingga Pemetaan Wilayah Potensi Banjir

Tahun lalu Pemkab Bekasi melakukan normalisasi sungai-sungai seperti Sungai Ciherang, Kali Jambe, hingga Kali Ulu sebagai antisipasi agar tidak meluap

Warta Kota
Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja Bersama Jajaran Pemkab Bekasi Meninjau Lokasi Banjir pada Selasa (9/2/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja memastikan dilakukannya proses evakuasi serta pemberian bantuan korban banjir.

Diketahui banjir melanda wilayah Kabupaten Bekasi sejak Jumat (5/2/2021) hingga Selasa (9/2/2021). Hal itu dikarenakan hujan masih terus melanda wilayah Kabupaten Bekasi. Terdapat 12 kecamatan yang terdampal banjir, meskipun saat ini sejumlah titik sudah surut.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengaku telah menginstruksikan tim gabungan BPBD Kabupaten Bekasi, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, serta aparatur perangkat kecamatan dan desa untuk memetakan wilayah potensi banjir sekaligus melakukan penanganan di titik-titik tersebut.

Hino Gelar Pelatihan untuk Tim Penguji Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub DKI

Subsidi Gaji Rp2,4 Juta Dihentikan, Diganti Bantuan Rp3,5 Juta, Begini Syarat dan Cara Daftarnya

"Dalam menjalankan tugasnya, tim ini dibantu petugas kepolisian dan TNI. Saat mendapat informasi bencana, tim segera turun ke lokasi. Bukan hanya banjir melainkan bencana lain," katanya dalam keterangan, pada Selasa (9/2/2021).

Eka melanjutkan pihaknya juga telah menyiapkan posko-posko pengungsian banjir, dapur umum, serta posko kesehatan di titik rawan banjir guna mengantisipasi permasalahan yang timbul akibat banjir.

Sebanyak 45 personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi bersama TNI-Polri berjibaku dalam proses penanganan banjir.

"Kita berterima kasih, termasuk dibantu dengan relawan-relawan serta unsur masyarakat dalam proses evakuasi dan penanganan banjir ini," jelasnya. Pihaknya juga akan melakukan penanganan pasca banjir, seperti adanya sejumlah titik tanggul jebol.

Mulai Tanggal 10 Februari Keberangkatan Kereta Api Bandara dari Stasiun Manggarai Jadi Lebih Awal

Setiap Hari Dapur Umum Ini Siapkan Hingga 700 Porsi Makanan Untuk Korban Banjir

Sebelum itu, pada tahun lalu Pemkab Bekasi melakukan normalisasi sungai-sungai seperti Sungai Ciherang, Kali Jambe, hingga Kali Ulu sebagai antisipasi agar tidak meluap.

"Tapi memang curah hujan yang masih sangat tinggi sehingga menyebabkan banjir. Ke depan sudah kami prioritaskan pembangunan tanggul di sekitar sungai," katanya.

Bupati mengajak segenap warga Kabupaten Bekasi untuk bahu membahu menjaga serta membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal untuk menghindari musibah banjir.

"Menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan, tidak buang sampah ke sungai, juga membersihkan selokan agar tidak tersumbat dan pada akhirnya menimbulkan banjir," tandas Eka.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved