Breaking News:

Fenomena Alam

SUARA Dentuman Beberapa Kali Terjadi di Berbagai Daerah di Indonesia, Ini Penjelasan BMKG

BMKG menyebutkan bahwa suara dentuman yang terjadi di Malang, Jawa Timur disebabkan lapisan inversi di atmosfer.

Editor: Hertanto Soebijoto
Kompas.com
Sumber resmi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa dentuman yang terjadi di Malang, Jawa Timur disebabkan lapisan inversi di atmosfer. Foto Ilustrasi: Kemunculan suara dentuman. 

Peta topografi Malang, Jawa Timur yang berupa cekungan dan berbukit-bukit rentan terhadap terbentuknya lapisan inversi. (FOTO ANTARA/HO-BMKG)

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Heboh suara dentuman keras di langit di sejumlah daerah di Indonesia menimbulkan rasa penasaran dan ingin tahu warga.

Suara apakah gerangan? Darimana sumbernya? Apakah akan terjadi dampak buruk bagi warga yang dekat dengan asal sumber suara dentuman?

Dan masih banyak lagi rasa ingin tahu masyarakat terkait adanya suara dentuman yang tidak biasa dan bahkan dianggap "misterius" itu.

Video: Imam Masjid Al Muttaqin Meninggal Setelah Imami Salat Zuhur

Belakangan, masyarakat Malang, Jawa Timur juga ramai menginformasikan munculnya suara dentuman tersebut di media sosial.

Sumber resmi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa dentuman yang terjadi di Malang, Jawa Timur disebabkan lapisan inversi di atmosfer.

"Begitu juga dengan suara dentuman yang beberapa kali terjadi di berbagai daerah, yang selama ini menjadi misteri, penyebabnya adalah keberadaan lapisan inversi di atmosfer, kecuali yang terbukti memang ada meteor," kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Sabtu (6/2/2021).

Suara Dentuman Dini Hari di Kota Malang Masih Misterius, Wali Kota Minta Warganya Tak Perlu Panik

Suara Dentuman Disusul Suara Gemuruh Buat Panik Warga Kampung Ciherang di Sukabumi, Dua Kali Getaran

Dia menjelaskan, dalam ilmu meteorologi dikenal istilah "inversi suhu", yaitu tertindihnya lapisan udara dingin oleh lapisan udara yang lebih hangat di atmosfer.

Lapisan udara ini terbentuk jika ada udara hangat naik ke atas lapisan udara yang lebih dingin, kemudian menyebar dan meluas di atmosfer.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved