Breaking News:

Kecelakaan

Setahun Investigasi, KNKT Sebut Kapal MV Nur Allya Tenggelam Akibat Kelebihan Muatan

KNKT merilis hasil investigasi tenggelamnya kapal MV Nur Allya milik PT Gurita Lintas Samudera. 

Istimewa
Menurut hasil investigasi KNKT, tenggelamnya kapal MV Nur Allya milik PT Gurita Lintas Samudera akibat kelebihan muatan.  Foto ilustrasi: Korban kapal tenggelam. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis hasil investigasi tenggelamnya kapal MV Nur Allya milik PT Gurita Lintas Samudera. 

Menurut Wakil Ketua KNKT Haryo Satmiko, kapal yang membawa muatan nickle ore tersebut tenggelam akibat kelebihan muatan. 

"Penyebab tenggelamnya kapal bermuatan nickle ore ini sangat mendadak, dan sangat singkat itu akibat muatan yang berlebih," kata Haryo dalam konferensi virtual," Jumat (5/2/2021). 

Video: Imam Masjid Al Muttaqin Meninggal Setelah Imami Salat Zuhur

Ia juga menjelaskan, dari hasil analisa ditemukan bukti bahwa kapal tersebut mengalami likuifaksi sehingga kapal tersebut terbalik dan tenggelam dalam waktu yang singkat.

"Peristiwa  tenggelamnya MV Nur Allya, berlangsung sekitar 30 menit sehingga aak kapal  tidak bisa menyelamatkan diri dan tenggelam bersama kapal dan muatannya," ujar Haryo.

Dijeaskan Haryo, diduga cara melakukan muat yang diduga  kurang tepat dan  juga  kandungan air nickle ore yang diangkut kapal MV Nur Allya  tersebut melebihi batas sehingga mudah mencair.

BREAKING NEWS: Pintu Air Pasar Ikan Jakarta Utara SIAGA 2, Katulampa dan Sunter Hulu Siaga 3

BREAKING NEWS: Gempa Bumi Magnitudo 5,2 Guncang Kotamobagu Sulawesi Utara Sabtu Pagi

Menurut KNKT, kapal beserta muatan dan awaknya hingga kini masih berada di dasar laut dengan perkiraan kedalaman lebih dari 500 meter dan belum dapat diangkat.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahtono mengungkapkan, Kapal MV Nur Allya ini tenggelam di perairan Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Investigasi terkait tenggelamnya kapal tersebut sudah berlangsung selama satu tahun sejak 2019 lalu.

Tim Pemburu Covid-19 Jaring Belasan Remaja saat Patroli Operasi Prokes Semalam

“MV Nur Allya di Halmahera 21 Agustus 2019. Saya sampaikan maaf lambatnya investigasi. Kedua kami sampaikan duka cita kepada keluarga,” ujar Soerjanto. (Hari Darmawan)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved