Breaking News:

Industri Sepeda Motor

PT AHM Optimistis Vaksin Covid-19 Bisa Akselerasi Pertumbuhan Industri Sepeda Motor di Tahun 2021

Penjualan kendaraan roda dua pada tahun 2020 mencapai sekitar 3,6 juta unit, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI).

Istimewa.
PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan All New Honda PCX dan All New Honda PCX e:HEV melalui saluran digital, Jumat (5/2/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Penjualan kendaraan roda dua pada tahun 2020 mencapai sekitar 3,6 juta unit, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI).

Angka ini turun sebesar 43,5 persen dibandingkan penjualan tahun 2019, akibat pandemi Covid-19.

Sejalan dengan didistribusikannya vaksin Covid-19, membuat Astra Honda Motor optimis bahwa pasar sepeda motor akan semakin menggeliat.

Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Loman, menyampaikan bahwa jika vaksin cepat diterapkan, pandemi akan cepat berlalu.

"Jika tidak ada lagi pandemi nanti, maka ekonomi akan lebih bergerak. Dengan ekonomi yang bergerak dan tumbuh, pasti diperlukan mobilitas dari masyarakat dan saya yakin, dengan demikian maka juga akan mempengaruhi penjualan sepeda motor di Indonesia," ucap Loman saat jumpa pers virtual, Jumat (5/2/2021).

Khusus kontribusi sepeda motor matik atau skuter sendiri mencapai 88-90 persen secara nasional.

Marketing Director PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya mengatakan bahwa pihaknya mengacu pada prediksi AISI mengenai pertumbuhan pasar di 2021 yang akan mencapai 10 persen dibandingkan tahun lalu.

"Kami juga meyakini pasar dari segmen skutik ini pun akan tumbuh inline dengan pertumbuhan total pasar minimal 10 persen di tahun 2021, dimana kontribusinya sudah mencapai 90 persen," ungkap Thomas.

Sementara itu, terkait rencana PT AHM mengekspor produk baru mereka, Honda PCX 160 keluar negeri, pihaknya masih mempelajari pasar.

Meluncur lebih dulu di Thailand, akhirnya konsumen Tanah Air sudah bisa membeli PCX 160 dan PCX e:HEV. PT AHM melalui risetnya menyebut bahwa skuter dengan 160 cc saat ini sangat dibutuhkan konsumen.

Thomas mengatakan bahwa pihaknya akan fokus untuk bisa memenuhi pasar dan permintaan konsumen di Indonesia. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan kedepannya AHM akan mengekspor produk tersebut ke beberapa negara.

"Untuk menjadi global tentu peluangnya sangat terbuka lebar dan kita masih terus memperlajari kebutuhan pasar di negara-negara lain atas PCX 160 ini ke depannya," tutur Thomas.

President Director PT Astra Honda Motor, Keiichi Yasuda menyebut masih terus mempelajari peluang-peluang ekspor untuk PCX 160.

"Untuk saat ini kami masih dalam tahap untuk mempelajari apakah akan mengekspor untuk All New Honda PCX ini atau tidak. Tetapi jika ada kebutuhan tentu kami akan melakukan ekspor tersebut," jelas Yasuda.

Editor: Valentino Verry
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved